Uncategorized

Wiring Diagram Lampu Kepala Pada Sepeda Motor

Lampu yang terpasang pada motor ataupun mobil sangat penting terutama pada malam hari, namun terkadang lampu konslet tanpa diketahui penyebabnya karena itulah sangat penting untuk mengetahui wiring diagram lampu kepala ketika harus memperbaiki lampu kepala secara darurat di jalan. Apabila tidak ada lampu yang menerangi kondisi jalanyang gelap, akan sangat berbahaya bagi pengendara itu sendiri dan bisa berbahaya bagi orang lain. Pengendara tidak akan bisa melihat lubang besar yang ada didepannya, dan tidak bisa melihat jika ada orang yang sedang menyebrang. Hal-hal tersebut tentunya sangat berbahaya dan pasti sebisa mungkin menghindari hal tersebut.

Tanpa melihat judi capsa online pada lampu motor anda pasti anda tahu bahwa ada dua macam jenis penerangan, yaitu penerangan untuk jarak pendek dan jarak jauh. Lampu tersebut diatur oleh dimmer switch, untuk mengatur apakah ingin menggunakan penerangan jarak dekat atau jarak jauh. Lampu kepala atau lampu utama selalu menyala berbarengan dengan lampu belakang yang dihubungkan oleh saklar tarik/putar.

                Selain ada dua jenis jarak penerangan, ada dua jenis lampu kendaraan juga, yaitu sealed beam dan semi sealed beam.  Tipe sealed beam maksudnya adalah lampu yang menjadi satu dengan kaca reflektor dan kaca biasnya sehingga ketika lampu putus atau rusak, harus mengganti keseluruhan. Sedangkan tipe semi sealed beam bisa dilepas apabila rusak atau putus. Jadi tidak perlu mengganti kaca reflektor dan kaca biasnya. Berikut adalah kompunen dalam rangkaian lampu kepala yang memiliki 2 relay:

  1. Lampu depan

Fungsinya tentu saja untuk memberikan penerangan jalan terutama pada malam hari, hujan deras dan juga berkabut.

  • Relay

Fungsinya untuk membuat arus seperti arus yang dibuat dari baterai, tujuannya agar bebar baterai berkurang dan baterai tidak cepat rusak.

  • Saklar dim

Untuk menyalakan lampu jarak jauh atau jarak dekat.

  • Saklar utama

Untuk menyalakan lampu.

  • Sekring

Sebagai pengaman apabila terjadi kerusakan pada sistem penerangan.

  • Baterai

Memberikan tenaga listrik pada starter, menjaga kestabilan tegangan, dan lain sebagianya.

Related Articles

Close