OtomotifUncategorized

Tips Berkendara Saat Hujan! Anda Wajib Tahu

Tips Berkendara Saat Hujan – Tidak hanya bencana alam, tetapi musim hujan juga termasuk jadi suatu hal yang berbahaya. Ini karena jalan menjadi licin, belum lagi lubang yang tak terlihat karena tertutup oleh genangan air.

Buktinya, jumlah kecelakaan di jalan raya umumnya meningkat. Kecelakaan ini terdiri dari kecelakaan tunggal dan kecelakaan yang melibatkan orang lain.

Jika Anda memilikinya, tentu saja, Anda dan orang-orang di sekitar Anda akan merasa dirugikan. Anda tidak hanya harus membawa kendaraan ke garasi, tetapi Anda juga dapat membayar kompensasi dan biaya ke rumah sakit.

Anda tidak ingin itu terjadi kan?

Ingat! Anda tidak hanya harus berhati-hati, tetapi kecelakaan di jalan dapat dihindari jika semuanya dipersiapkan dengan cermat.

Agar lebih jelas, mari kita bicara tentang tips berkendara saat hujan!

1. Kendaraan harus siap sebelum digunakan saat hujan

Kesiapan kendaraan merupakan salah satu faktor utama yang harus dipersiapkan selama musim hujan. Jangan lakukan selama itu berhasil, Anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut:

Periksa kondisi semua ban

Ban adalah salah satu elemen paling penting untuk dipertimbangkan saat mengangkut kendaraan dalam cuaca hujan. Kondisi jalan yang licin harus didukung oleh kondisi ban yang sangat bagus.

Yang harus dilakukan adalah memeriksa tekanan angin pada setiap ban. Ini biasanya terletak di bagian belakang pintu, di laci dasbor atau di belakang tutup tangki bahan bakar. Jangan terbakar ketika kendaraan digunakan untuk pergi cukup jauh. Periksa setidaknya sebulan sekali!Tidak hanya tekanan angin, Anda juga harus memperhatikan apakah bannya masih bagus atau tidak.

Jika ban tipis, Anda harus segera menggantinya sebelum kejadian yang tidak terduga terjadi di jalan. Ban yang selalu bagus akan membantu Anda menghindari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir saat hujan. Tips berkendara saat hujan dengan memeriksa kondisi an ini wajib anda perhatikan.

– Tips Berkendara Saat Hujan

Periksa semua lampu
Ban sudah selesai dicek? Sekarang saatnya untuk memeriksa semua lampu. Mari kita mulai dengan mercusuar atau mercusuar. Pastikan keduanya menyala dengan baik karena lampu depan dibutuhkan saat hujan.

Kemudian pastikan lampu rem juga menyala dengan benar. Saat hujan deras, jalanan tampak kurang jelas. Jika Anda memiliki itu …

Lampu belakang dan lampu rem akan sangat layak untuk memberi tahu pengendara yang ada di belakang. Ingatlah untuk memeriksa lampu Penny (lampu sein) di bagian depan dan belakang mobil.

Periksa kontrol utama

Apa bagian kontrol utama dari kendaraan?
Bagian ini termasuk setir, pedal gas, pedal rem dan kopling. Pastikan semua bagian dapat berfungsi dengan baik dan tidak ada yang macet. Tips berkendara saat hujan ini juga jangan sampai anda lewatkan.

Anda juga harus memberi perhatian khusus pada setiap bagian, terutama selama musim hujan. Ini sangat dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk kecelakaan.

Sudahkah Anda memeriksa semua bagian kendaraan Anda?
Apakah ada sesuatu yang perlu diperbaiki?
Jika demikian, Anda harus segera membawanya ke garasi dan tidak lagi menunda.

Kebanyakan orang meremehkan hal-hal di atas sampai terjadi kecelakaan. Selain itu, ada juga yang terlalu “mahal” untuk membawa kendaraan ke garasi jika tidak rusak sama sekali.

Bahkan, coba bayangkan jika kendaraan dibiarkan dengan kondisi seperti apa adanya. Apa yang terjadi Mungkin bisa menjadi pemogokan, tetapi hal berikutnya adalah bahwa mesin tidak berfungsi dengan baik dan akhirnya kecelakaan.

Sekarang, jika Anda telah memeriksa semua bagian mobil dan semuanya baik-baik saja, Anda juga harus:

2. Perhatikan aturan mengemudi saat hujan!

Semua orang pasti sudah tahu bahwa mengemudi saat hujan membutuhkan kehati-hatian ekstra. Meski begitu, masih ada orang yang berpikir bahwa kehati-hatian berarti “jangan mempercepat” dan “perhatikan baik-baik.”

Jika Anda masih berpikir seperti itu, Anda tidak mengerti apa artinya “berhati-hatilah saat mengemudi saat hujan.”

Beberapa Tips berkendara saat hujan di bawah ini mungkin tampak sederhana, tetapi mereka dapat menyelamatkan hidup mereka dan keluarga mereka ketika sedang di jalan saat hujan. Segera, perhatikan dan lakukan beberapa hal di bawah ini:

Waspadai 30 menit pertama

Maksudnya apa?

Anda harus tahu bahwa hujan yang baru saja turun membuat jalan sangat licin. Level slip berbeda dari jalan yang telah basah sejak lama karena hujan.

Ini disebabkan oleh jalan yang tidak basah, basah. Selain itu, ini juga disebabkan oleh lumpur dan minyak yang sudah kering, akhirnya terkena air hujan. Ini membuat lapisan jalan sangat licin.

Akibatnya …

Anda akan mengalami kesulitan mengendalikan mobil dan ini biasanya terjadi sekitar 30 menit pertama sejak hujan turun. Karena itu, saat ini Anda harus lebih perhatian dan sangat berhati-hati.

Hindari yang namanya ngebut

Sangat penting untuk mengurangi kecepatan mobil saat mengemudi saat hujan. Saat hujan, jalan tidak hanya licin karena air, tetapi juga bisa licin karena air bercampur dengan oli yang terdispersi.

Jika ini terjadi, ban pada mobil Anda dapat tergelincir. Agar tidak terjadi, kendarai mobil dengan kecepatan rendah. Tips berkendara saat hujan yg ini wajib anda patuhi ya..

Apa pengaruhnya?

Mobil yang berjalan dengan kecepatan rendah akan menyebabkan ban langsung menyentuh aspal. Ini pasti akan membuat grip ban sangat baik.

Nyalakan lampu mobil

Tips berkendara saat hujan selanjutnya. Saat hujan deras, kondisi jalan menjadi tidak jelas. Karena itu, disarankan untuk menyalakan lampu depan dan belakang mobil saat mengemudi.

Tidak hanya saat hujan, Anda juga harus menyalakan lampu mobil meskipun hujan hanya ringan.

Menyalakan lampu mobil saat hujan bisa bermanfaat bagi Anda dan pengemudi lain. Khusus untuk Anda, tentu saja, sehingga Anda bisa melihat keadaan jalan di depan.

Kemudian, untuk pengendara lain, Anda tentu dapat melihat bahwa kendaraan Anda bergerak, sehingga Anda akan terhindar dari kecelakaan.

Jika mobil Anda dilengkapi dengan lampu berjalan siang hari, itu harus menyala. Ini dapat membantu pengemudi di belakang Anda untuk melihatnya dengan baik, sehingga untuk menghindari peristiwa stroke kembali.

Jangan nyalakan lampu hazzard

Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, sangat disarankan untuk menyalakan lampu utama (siang hari).

Satu hal yang perlu diingat!
Jangan pernah menggunakan lampu darurat atau lampu hazzard  saat hujan. Apa alasannya

Penggunaan lampu darurat/hazzard akan membuat pengendara di belakang Anda menjadi sulit dan menyebalkan. Lampu ini benar-benar akan menyebabkan pengemudi lain mati rasa ketika kecepatan kendaraan menurun.

Bukan hanya itu …
Penggunaan lampu darurat/hazzard juga akan membuat pengendara sepeda di belakang tidak tahu kapan instruksi akan berubah. Maka dari itu kami memutuskan untuk memasukkan tips ini ke dalam tips berkendara saat hujan.

Jaga jarak untuk mengemudi yang aman

Jangan terlalu dekat dengan kendaraan lain!

Sejauh mungkin, Anda harus menyesuaikan jarak berkendara yang aman saat hujan. Kondisi jalan yang licin membuat kendaraan memerlukan jarak saat harus melakukan rem.

Anda juga bisa mengatakan bahwa jarak yang diperlukan sedikit lebih banyak dibandingkan dengan pengereman saat jalan kering.
Perhitungannya seperti ini:
Jarak aman selama cuaca normal adalah sekitar 2 detik dari kendaraan di depannya. Sekarang, jika hujan, buat jarak lebih jauh, yaitu sekitar 4 detik dari kendaraan di depan,Tidak hanya butuh waktu untuk melambat, terkadang pendapat kami sebagai pengemudi juga tidak jelas. Kondisi ini membuat kita tidak siap untuk berhenti tiba-tiba.Manfaat lain adalah menghindari percikan mobil di depan Anda. Tips berkendara saat hujan untuk jaga jarak aman dengan mobil lain adalah hal yang sangat penting ntuk anda lakukan. 

Hati-hati terhadap genangan air

Saat hujan, lubang di jalan tidak terlihat. Anda setujuLubang kecil atau besar tidak akan terlihat jika ditutupi oleh genangan air. Jika lubangnya tidak terlalu dalam, itu mungkin tidak terlalu berbahaya. Tetapi bagaimana jika lubang di belakang genangan air sangat besar?Jika lubangnya besar, mobil Anda bisa jatuh. Jika demikian, itu akan sangat bermasalah, bukan?Tentu saja, perjalanan Anda akan sangat terganggu dan akan menyebabkan jalan macet. 

Kuasai slip pada jalan

Kemungkinan tergelincir atau saat hujan sangat wajar terjadi, bahkan jika Anda harus mengemudi dengan sangat hati-hati.Tidak jarang seorang pengemudi panik ketika mengalami slip. Apa yang biasanya kamu lakukan?Memperhitungkan!Jangan sekali-sekali, menginjak rem langsung sampai habis ketika slip terjadi. Apalagi jika mobil Anda dilengkapi dengan sistem rem anti-lock (ABS). ini adalah bagian dari tips berkendara saat hujan Inilah yang harus Anda lakukan:Jangan panik dan tekan pedal rem dengan pasti saat menyetir dengan setir ke arah slip. Mudah bukan?

3. Harus berhenti apabila hujan sudah terlalu deras!

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak melanjutkan jika hujan terlalu deras. Bahkan jika semua metode di atas telah digunakan, memaksa perjalanan untuk terus turun dalam hujan lebat adalah langkah yang salah.

Saat hujan sangat deras, bahkan menyalakan lampu terkadang membuat mata kita buram. Apa yang harus dilakukan ketika wiper tidak bisa membersihkan kaca depan?

Harus berhenti!

Jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan karena ini akan sangat berbahaya bagi Anda dan orang lain.

Tidak ada gunanya berhenti sejenak sambil menunggu hujan reda dan kondisi jalan membaik. Oh ya, Tips berkendara saat hujan untuk jangan berhenti di bawah pohon karena juga sangat berbahaya. 

mengapa

Saat hujan sangat deras, biasanya disertai angin kencang. Jangan berhenti di bawah banyak cabang atau pohon tumbang dalam kondisi seperti itu.

Coba bayangkan jika Anda dipecat di bawah pohon dan pohon itu telah jatuh. Sangat berbahaya, bukan? Niatnya untuk menghindari bahaya, di tempat yang terpapar bahaya.

Di mana tempat yang tepat untuk berhenti?

Tips berkendara saat hujan berikutnya Anda dapat memilih untuk berhenti di restoran dan kafe. Dua tempat ini memungkinkan Anda untuk bersantai sejenak dan keluar dari mobil. Jika terjadi sesuatu dengan mobil, tentu sangat aman, bukan?

Pilihan lain adalah pompa bensin terdekat atau area istirahat.

Jika Anda harus berhenti di pinggir jalan, coba nyalakan lampu hazzard alias lamupu peringatan bahaya untuk memberi tahu pengemudi lain bahwa Anda berhenti.

Tidak perlu menunggu hujan berhenti sepenuhnya. Anda dapat melanjutkan perjalanan saat cuaca mulai membaik.

Solusi ketika mobil mogok terkena banjir saat hujan

Sangat sering, kondisi jalan saat hujan sangat padat. Ini sepertinya menjadi fenomena umum di berbagai jalan, terutama jika hujan cukup deras.

Saat hujan deras, banjir biasanya terjadi di banyak tempat. Ini bukan banjir besar, tetapi cukup tinggi untuk ukuran kendaraan.

Jika ini terjadi, tidak jarang kendaraan, mobil dan motor mogok. Ini karena masuknya air ke saluran gas.

Apa yang kamu lakukan?

Jika jawabannya langsung menghidupkan mesin, tentu saja itu salah!

Jika mobil atau sepeda motor Anda rusak karena banjir di jalan, jangan pernah menyalakan mesin segera. Langkah pertama adalah turun dan mendorong kendaraan ke tempat yang aman.

Mengapa anda tidak boleh langsung menyalakan mesin?

Tips berkendara saat hujan ini penting untuk anda perhatikan. Ketika air berada di saluran gas dan Anda menghidupkan mesin segera, sangat mengkhawatirkan bahwa sistem pengapian kendaraan adalah korsleting. Akibatnya, kendaraan Anda akan terbakar di tempat.

Nah, itu berbagai hal yang harus dipersiapkan dan diperhitungkan saat berkendara dalam cuaca hujan. Intinya, jangan pernah meremehkan hal-hal kecil sehingga keamanan Anda terjaga dan aman sampai ke tujuan.

Dengan menerapkan semua yang telah dibahas di atas, Anda dapat berkendara dengan aman jika terjadi hujan. Ketika kita dapat meminimalkan kecelakaan, kita akan memaksa semua anggota keluarga untuk tenang.

Apakah Anda ingin melindungi keluarga, teman, dan orang yang Anda cintai saat mengemudi di tengah hujan? Mudah. Sebarkan / bagikan artikel ini di jejaring sosial Anda!

Semakin banyak orang membaca, semakin mereka akan bertahan hidup saat mengemudi.

Itulah Tips dari kami. Tips Tips Berkendara Saat Hujan ini kami rangkum dari situs Otomotif GERAITOYOTA.COM (Situs Jual Beli Mobil Baru Toyota Surabaya). Semoag tips ini 

Related Articles

Check Also

Close
Close