Uncategorized

3 Restoran Dengan Konsep Budaya Jawa di Kota Jogja Cocok Untuk Open Trip Jogja

Kota Jogja selalu menjadi pusat perhatian bagi masyarakat Indonesia karena daerah ini merupakan salah satu pusat budaya Jawa yang masih kental dan kuat. Karena banyak sekali peninggalan budaya yang ada di Jogja membuat kawasan ini kaya akan berbagai macam hal. Budaya berupa arsitektur, busana, dan kuliner masih bertahan hingga sekarang. Untuk kuliner terdapat banyak restoran yang menawarkan konsep budaya Jawa dengan menu tradisional. Restoran-restoran tersebut menawarkan sesuatu yang etnik dan klasik kepada para pengunjung agar dapat menikmati lezatnya makanan khas Jogja. Apa saja restoran – restoran dengan konsep budaya Jawa yang ada di Jogja? Berikut penjelasan dari kami:

Sekar Kedhaton

Sekar Kedhaton merupakan salah satu restoran yang mengusung konsep budaya Jawa. Restoran ini berlokasi di kawasan bersejarah Kotagede, Yogyakarta, yaitu di JL. Tegal Gendu No. 28 Kotagede. Pengunjung yang datang ke restoran ini akan langsung disambut oleh arsitektur yang indah dan mempesona. Bangunan ala Eropa dengan ornamen Jawa tampah megah berdiri. Restoran ini sangat menarik karena tamu bisa merasakan menu makanan terbaik yang disajikan di restoran ini selain itu pengunjung juga dapat merasakan kemewahan dan kenyamanan suasana di dalam restoran yang ada dengan sentuhan – sentuhan dekorasi etnik Jawa yang klasik.

Sasono Ondrowino

Restoran dengan konsep budaya Jawa selanjutnya adalah Sasono Ondrowino. Lokasi restoran ini berada di depan Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta tepatnya di Jl. Pekapalan No 7, Prawirodirjan, Gondomanan. Sasono Ondrowino memiliki makna kuat tersendiri. Nama restoran ini memiliki arti Sasono berarti tempat sedangkan Ondrowino bermakna bersenang-senang jadi bisa diartikan Sasono Ondrowino adalah tempat untuk makan dan bersenang-senang. Restoran ini menawarkan makanan tradisional Indonesia sehingga pengunjung dapat menikmati dengan maksimal. Masakan andalan di restoran ini adalah Nasi Ingkung Ondrowino, Nasi Penak Prajurit, dan Brongkos. 

Bale Raos

Restoran berikutnya adalah Bale Raos Restaurant yang menyajikan berbagai macam hidangan khusus yang merupakan kegemaran Raja-raja zaman dulu seperti Sri Sultan HB VIII sampai dengan Sri Sultan HB X. Bale Raos berdiri atas inisiatif  GKR Hemas (istri Sri Sultan HB X) yang ingin melestarikan kebudayaan kraton khususnya dalam hal kuliner. Restoran ini berada di dalam kawasan Keraton Yogyakarta sehingga wisatawan bisa datang ke restoran ini setelah berkeliling keraton. Makanan andalan di restoran ini adalah Bebek Suwar Suwir, Bistik Lidah, Semur Piyik, Bir Jawa, Wedang Secang, Wedang Sereh, Bendul, Manuk Nom, Tapak Kucing, Rondo Kepomo, dan masih banyak lagi.

Demikian informasi mengenai restoran yang yang hadir dengan konsep budaya Jawa. Masih ada lagi restoran-restoran dengan konsep Jawa lainnya yang akan kami tulis di lain kesempatan.  Jika Anda sedang ke Jogja tidak ada salahnya mencoba menu makanan di restoran di atas. Restoran tersebut bisa menjadi pilihan paket wisata open trip Jogja.

Related Articles

Close