Uncategorized

Dari Manakah Sumber Sampah? Ini Dia Penjelasannya

Kenalilah sumber sampah yang dapat membuat lingkungan menjadi tercemar? Setelah mengetahui sumbernya diharapkan Anda dapat melakukan pengelolaan yang tepat.

Lingkungan yang bersih tentunya terhindar dari sampah yang berserakan, tetapi ternyata hal tersebut cukup sulit untuk dihindari.

Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan sumber sampah memang cukup banyak sehingga harus melakukan penanganan yang tepat agar sampah dari berbagai sumbernya tidak merajalela kemana-mana.

Tentunya, sumber sampah dapat menghasilkan sampah dalam jumlah yang terus meningkat setiap harinya yang dapat menimbulkan adanya pencemaran lingkungan.

Hal tersebut pastinya menjadi suatu hal yang harus diperhatikan agar sampah tidak berserakan dimana-mana karena tidak dibuang kedalam tong sampah besar karena sumbernya yang sangatlah banyak.

Sumber-Sumber Sampah

Kenali beberapa sumber-sumber sampah yang akan Anda jumpai di sekitar lingkungan sehingga dapat melakukan penanganan yang tepat agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

  1. Sampah Dari Rumah Tangga

Sampah yang paling sering dijumpai yaitu sampah rumah tangga yang berasal dari segala aktivitas dan kegiatan rumah tangga yang berupa sisa pengelolaan makanan, gelas, kain, sampah dari halaman, dan masih banyak lagi jenis sampah ini.

Tentunya, jenis sampah yang satu ini memang lebih banyak karena penggunaanya juga setiap hari.

  • Sampah Dari Pertanian

Berikutnya, terdapat jenis sampah dari pertanian yang tentunya termasuk jenis sampah organik. Biasanya, jenis sampah ini dihasilkan ketika musim panen yang kemudian akan dibakar lalu dijadikan sebagai pupuk, seperti pestisida.

Tetapi, jenis sampah ini memang mengandung racun sehingga mengharuskan adanya penanganan secara khusus.

  • Sampah Perdagangan

Selanjutnya, sumber sampah juga bisa dari tempat perdagangan seperti toko, pasar tradisional, warung, dan tempat lainnya. Untuk sampah yang dihasilkan ini dapat berupa kardus, kertas, balpoint, dan masih banyak lagi jenisnya.

Tentunya, sampah perdagangan ini lebih banyak yang anorganik dibandingkan organik sehingga membutuhkan pengelolaan khusus untuk melakukan daur ulang.

  • Sampah Industri

Berikutnya, juga terdapat sumber sampah industri yang dihasilkan dari rangkaian hasil produksi. Untuk contoh jenis sampahnya yaitu bahan kimia, potongan bahan, kertas, kayu, pembersih, pelarut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentunya, sampah industri yang mengandung bahan kimia beracun memang harus melakukan penanganan khusus agar tidak berbahaya.

Itulah, beberapa penjelasan mengenai sumber sampah yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Check Also

Close
Close