Kesehatan

Hati-Hati! Inilah Gejala Penyakit Lupus

Lupus atau sering dikenal dengan penyakit autoimun adalah kondisi dimana sistem imun atau kekebalan tubuh menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri. Karena gejala penyakit ini sering disalah artikan dengan gejala penyakit lain karena dianggap mirip, untuk itu mari mengetahui apa saja gejala lupus.

  • Nyeri Otot, Sendi, dan Dada

Nyeri otot dan sendi yang dirasakan biasanya terjadi pagi hari setelah bangun tidur. Selain itu, terjadi pembengkakan dan juga kaku, biasanya pada bagian jari-jari, pergelangan tangan, dan buku-buku jari. Namun nyeri pada penyakit lupus hanya terjadi pada satu sisi tangan saja.

Penderita lupus biasanya juga merasakan nyeri pada dada hingga sesak nafas, karena penyakit ini memicu peradangan pada selaput yang melapisi jantung dan paru-paru.

  • Ruam Kupu-Kupu Pada Wajah

Disebut ruam kupu-kupu karena ruam ini berbentuk seperti kupu-kupu dan berbentuk memanjang dari tulang pipi melewati pangkal hidung hingga ke rahang. Ruam kupu-kupu merupakan gejala umum penyakit lupus dan dapat terjadi karena paparan sinar matahari.

  • Mudah Merasa Lelah

Penderita penyakit ini biasanya akan mudah merasa lelah karena lupus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan gangguan sel-sel darah. Lupus juga dapat menyebabkan anemia sehingga tubuh tidak bergairah dan kekurangan energi. Rasa lelah yang dirasakan juga dapat berasal dari penurunan fungsi jantung, paru-paru, dan ginjal.

  • Masalah Ginjal

Kerusakan pada ginjal juga dapat terjadi pada penderita lupus karena antibodi yang semestinya berperan melindungi tubuh namun malah membahayakan dan menyerang tubuh. Gejala-gejalanya adalah pergelangan kaki membengkak, berat badan naik, buang air kecil berdarah, menurunnya fungsi ginjal, dan tekanan darah yang tinggi.

  • Demam

Demam dapat terjadi karena tubuh memberikan respon terhadap infeksi dan peradangan. Suhu tubuh akan meningkat dan jika anda mengalami demam selama berhari-hari dan tak kunjung turun, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter dan meminta diagnosis kondisi anda.

  • Luka Pada Mulut

Biasanya gejala munculnya luka pada mulut muncul di masa awal-awal penyakit lupus. Tidak seperti sariawan, luka ini cenderung tidak terasa sakit dan tidak nyeri. Luka akan muncul pada bagian gusi, langit-langit mulut, bibir, dan pipi bagian dalam.

Jangan Salah, Lupus Memiliki Gejala yang Mirip Dengan Tipes dan DBD

Penderita lupus kerap dikira sebagai penderita penyakit tipes atau DBD, karena gejala-gejala yang ditimbulkan hampir sama. Mudah merasa lemas dan nyeri pada sendi merupakan salah satu gejala penyakit tipes. Trombosit menurun dan demam juga merupakan salah satu gejala penyakit demam berdarah.

Untuk itu, untuk jika anda mengalami gejala-gejala penyakit lupus sebaiknya segera pergi ke dokter dan konsultasikan kondisi anda.

Bukan berarti jika anda mengalami salah satu dari gejala diatas maka anda terkena penyakit lupus, karena penyakit ini sering disebut penyakit seribu wajah untuk itu diperlukan diagnosa yang serius. Pergi berkonsultasi ke dokter merupakan jalan satu-satunya yang bisa anda lakukan.

Related Articles

Check Also

Close
Close