Pendidikan

Tips Merawat Scanner yang Mudah Agar Awet

Scanner merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat sensitif dan sangat rentan mengalami masalah. Sehingga anda harus mengetahui tips merawat scanner dengan benar dan berhati-hati saat melakukan pembersihan pada scanner anda.

Jika anda adalah pengusaha, tentunya anda sudah mengetahui bahwa tarif scan sendiri sebenarnya tidak sebanding dengan perawatan-perawatan yang dilakukan dengan baik dan hati-hati.

Selain itu, pastikan orang yang menggunakan atau mengoperaikannya paham betul caranya, karena orang-orang yang tidak paham dengan perawatan scanner akan sembarangan dalam melakukan perawatan sehingga scanner anda terancam mengalami masalah karena dipakai oleh orang-orang yang tidak ahli.

Tips Merawat Scanner

Bagi anda yang memiliki scanner di rumah, apalagi punya anak-anak, pastikan alat scanner tersebut tidak dimainkan oleh mereka. Lihat juga scanner lembar jawaban komputer.

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas mengenai tips merawat scanner, sehingga scanner anda bisa mendapatkan perawatan dan bisa bertahan lama. Adapun tips-tipsnya adalah sebagai berikut :

1.Bersihkan seluruh bagian scanner

Tips merawat scanner yang paling dasar adalah membersihkan debu yang menempel di seluruh bagian scanner, agar debu tersebut tidak masuk ke bagian perangkat mesin dalam.

Jika debu sampai masuk ke bagian dalam scanner, akibatnya adalah akan terjadi gangguan hasil dan mesin itu sendiri bisa mengalami masalah. Tutuplah scanner anda dengan penutup scanner sehingga scanner anda tidak rentan terkena debu yang bisa masuk ke dalam mesin.

2.Bersihkan roller dan penarik kertas

Tips merawat scanner berikutnya adalah dengan cara membersihkan roller dan penarik kertas. Roller dan penarik kertas adalah bagian dalam scanner yang juga harus dibersihkan secara rutin.

Caranya adalah dengan membuka mesin scanner secara hati-hati sesuai dengan prosedur, kemudian bersihkan roller dengan kain basah. Selanjutnya roller tersebut dibersihkan dari debu.

3.Pastikan tidak ada anak staples saat proses scan

Pastikan tidak ada anak staples yang menempel di kertas pada saat anda melakukan scan. Karena staples tersebut dapat merusak bagian mata scanner atau kaca scanner pada saat anda melakukan scan. Hal ini harus anda perhatikan, karena biasanya ada anak staples pada dokumen yang akan anda staples. Bandingkan dengan scanner LJK.

4.Matikan scanner

Tips merawat scanner berikutnya adalah dengan mematikan mesin scanner jika sudah tidak digunakan agar mesin scanner lebih awet disamping lebih hemat listrik. Setelah itu bersihkan setiap peralatan setelah selesai digunakan.

Related Articles

Check Also

Close
Close