Uncategorized

Apa Itu Aspal Hotmix`

aspal hotmix

Bagi kalian yang tinggal di Bekasi tentu tidak asing dengan beberapa candaan yang sempat viral di internet tentang kondisi jalan aspal di Bekasi yang memprihatinkan. Walaupun terdapat beberapa jasa pengaspal Bekasi, namun hal tersebut tidak lantas membuat kondisi serta kualitas jalan yang dibangun cukup bagus.

Kondisi jalan yang rusak atau bahkan berlubang tidak hanya buruk bagi estetika, namun juga sangat berbahaya bagi pengguna kendaraan yang melintasinya khususnya bagi pengendara sepeda motor. Kondisi jalan yang buruk kerap kali menjadi penyebab kecelakaan yang tidak jarang merenggut korban jiwa.

Untuk mengatasinya sudah sepatutnya pemerintah segera memperbaiki jalan yang rusak dan meningkatkan kualitas material yang digunakan.

Mengenal aspal Hotmix

Bagi para kontraktor, istilah aspal Hotmix tentu bukanlah suatu hal yang asing dan telah banyak dipergunakan oleh beberapa perusahaan tidak hanya perusahaan jasa pengaspal Bekasi. Aspal Hotmix sendiri merupakan campuran antara berbagai batuan baik halus maupun kasar dengan bahan ikat aspal.

Untuk menghasilkan aspal Hotmix yang bagus, diperlukan suatu syarat agar semua bahan tersebut dapat tercampur secara homogen pada temperatur yang cukup tinggi. Pada umumnya, semua proses pencampuran tersebut dilakukan di suatu pabrik pengolahan sering yang disebut sebagai Asphalt Mixing Plant (AMP).

Untuk mendapatkan aspal Hotmix yang berkualitas baik, setidaknya terdapat 3 hal yang harus diperhatikan selama proses pencampuran yaitu sebagai berikut.

  1. Stabilitas

Tekstur aspal harus cukup keras untuk dapat menahan beban kendaraan yang melewatinya tanpa membuat perubahan bentuk yang berarti. Untuk mendapatkan stabilitas campuran terbaik, kekerasan batuan yang digunakan, ukuran, bentuk butiran, kadar aspal serta tingkat viskositas campuran menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan.

  • Durabilitas

Durabilitas sendiri merujuk pada kemampuan jalan untuk bertahan tanpa mengalami kerusakan yang berarti dalam jangka waktu tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi durabilitas aspal antara lain tingginya kadar aspal yang digunakan, rapatnya gradasi serta tingkat kepadatan campuran yang digunakan.

  • Fleksibilitas

Aspal Hotmix dapat diperoleh melalui pemilihan penggunaan gradasi yang terbuka serta meningkatkan kadar aspal agar mencapai tingkat fleksibilitas tertentu. Dengan fleksibilitas yang tinggi, jalan yang menggunakan aspal Hotmix akan memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak fleksibel.

Itulah beberapa informasi tentang aspal Hotmix. Aspal yang paling sering digunakan dalam proyek pembangunan atau perbaikan jalan di Indonesia. Untuk pengerjaan sendiri terdapat banyak perusahaan kontraktor yang menyediakan jasa tersebut dengan tariff yang cukup terjangkau, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, dan sekitarnya. Khusus untuk kota Bekasi sendiri selain jasa pengaspal Bekasi, terdapat beberapa jasa kontraktor Bekasi, perusahaan jasa aspal Bekasi atau pun membangun bangunan.

Related Articles

Close