Kesehatan

Manfaat Utama Tanaman Jahe

Manfaat Utama Tanaman Jahe – Di antara banyaknya tanaman herbal, jahe adalah salah satu yang palung populer. Manfaat tanaman jahe telah dikenal sejak lama dan sering digunakan sebagai obat tradisional. Variietas jahe di Indonesia cukup beragam mulai dari jahe gajah, emprit dan merah. Anda bisa memanfaatkan khasiatnya yang cukup banyak untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Utama Tanaman Jahe

4 Manfaat Utama Tanaman Jahe Untuk Kesehatan

  • Sumber antioksidan

Bibit jahe merah memiliki kandungan antioksidan meski dalam jumlah yang sedikit. Antioksidan ini berupa fenol yan mampu menangkal radikal bebas. Hal ini akan menguntungkan kesehatan kulit yang telah terpapar sinar UV. Kulit yang keriput atau bintik hitam karena sinar matahari dapat dicegah dengan jahe. Anda bisa mengonsumsi minuman olahan jahe secara teratur untuk hasil yang optimal.

  • Kesehatan Pencernaan

Masalah pencernaan seringkali menjadi masalah banyak orang, misalnya perut kembung. Mengonsumsi jahe merah dapat membantu terhindar dari masalah tersebut. Kandungan gingerol pada jahe memberikan rasa hangat pada tubuh sehingga pencernaan menjadi lancar kembali. Itu sebabnya banyak obat pencernaan yang menggunakan ekstrasi jahe sebagai komposisinya.

  • Membakar Lemak

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, olahan jahe dapat membantu tubuh dalam meningkatkan metabolisme. Selain pencernaan menjadi lancar, jahe juga memberikan rasa kenyang dibandingkan olahan obat dari bahan tradisional lainnya. Tanaman ini mengandung kalori sehingga nafsu makan dapat ditekan. Minum air jahe pada pagi dan malam untuk hasil yang optimal.

  • Membersihkan Wajah

Untuk mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat, Anda bisa memanfaatkan jahe. Antioksidan di dalamnya dapat mengusir kotoran dan mengencangkan kulit. Campurkan sedikit parutan jahe dan madu, lalu jadikan masker pada wajah. Hindari menggunakan parutan jahe saja karena kulit akan terasa panas. Gunakan makser tersebut setiap kali kulit wajah anda bermasalah dengan jerawat atau beruntusan.

Selain cara menanam jahe cepat panen yang mudah, jenis rimpang ini ternyata menyimpan berbagai macam khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Itulah sebabnya rimpang ini begitu populer di Indonesia.

Tak hanya untuk bumbu dapur, manfaat utama tanaman jahe juga bisa mengatasi masalah kesehatan. Jahe yang paling dikenal adalah jahe sunti atau merah karena aroma, rasa dan khasiatnya lebih kuat daripada jenis yang lain. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam minuman atau penganan tradisional seperti wedang, sekoteng, atau mengonsumsi ekstrasi dalam suplemen.

Related Articles

Close