Uncategorized

Martabak Telur dan Cara Membuat Martabak Telur Special

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat martabak telur yang enak dan tentu saja gampang sobat, ada juga serba-serbi tentang maratabak telur dan manfaat mengonsumsi martabak telur, terus nonton artikel kami, kawan-kawan, siapa tahu dengan membaca artikel ini bisa tambahkan pengetahuan Anda tentang cara membuat martabak telur.

Berbicara tentang martabak, di Indonesia sendiri ada 2 jenis martabak yaitu martabak manis dan telur martabak. Martabak manis lebih dikenal sebagai bulan yang cerah. Meskipun mereka memiliki nama depan yang sama, Martabak, faktanya kedua Martabak ini jauh berbeda dengan pembuatan, komposisi, rasa, dan jenisnya.

Bagi yang suka telur Martabak, tentu saja mereka sudah terbiasa dengan rasa camilan ini. Rasa asin dengan campuran sayur dan daging tentu membuatnya bisa dijadikan lauk atau bisa dimakan bersama nasi. Penjual makanan populer ini telah menjamur di mana-mana, kadang-kadang bahkan satu penjual dan penjual lainnya hanya berjarak beberapa meter saja.

Tidak hanya PKL, bahkan teman sekelas restoran juga menyediakan martabak telur di buku menu mereka. Seperti kebanyakan makanan Indonesia pada umumnya, cara membuat dan mengisi telur Martabak tentu menyesuaikan dengan wilayahnya. Namun meski berbeda, kebanyakan di berbagai daerah, martabak telur baru bisa dinikmati ketika akan mendekati malam.

Karena kebiasaan penjual baru berjualan sore atau sore hari. Itu sebabnya kita tidak bisa menikmati kesenangan telur Martabak setiap saat. Sekarang untuk menikmati kesenangan martabak telur kapan saja, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Mari kita lihat bagaimana membuat martabak telur buatan sendiri yang tidak kalah enaknya dengan yang dijual oleh penjual telur Martabak.

Cara Membuat Martabak Telur

Bahan:

  •     Kulit lumpuh 7 lembar
  •     Tahu 3 buah
  •     Telur ayam atau bebek 2 item
  •     2 daun bawang, diiris halus
  •     3 potong bawang merah
  •     Bawang putih 2 siung, kupas menggunakan alat kupas bawang
  •     Garam sendok teh
  •     Merica bubuk tsp
  •     Tsp bubuk kaldu

Cara Membuat Martabak Telur :

  1.  Hancurkan tahu sampai benar-benar halus. Menyisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang.
  3. Tambahkan bawang putih dan bawang merah. Tumis sampai harum.
  4. Campur daun bawang, tahu, garam, lada, dan kaldu bubuk. Tumis sampai matang. Menyisihkan.
  5. Ambil telur kocok menggunaka kan mixer lalu tambahkan isi tumis martabak. Kocok hingga merata.
  6. Ambil kulitnya dan masukkan ke dalam wajan.
  7. Goreng kulit sampai matang.
  8. Tuang isi martabak telur di tengah kulit yang sedang digoreng.
  9. Kemudian lipat setiap ujung kulit ke tengah sehingga isinya ditutup dengan kulit.
  10. Martabak goreng dengan membaliknya sampai matang atau berwarna kecoklatan.
  11. Selanjutnya martabak matang mini-telur kemudian disisihkan.
  12. Martabak telur mini siap dihidangkan.

Manfaat Martabak Telur:

Berbicara tentang makanan ini adalah salah satu yang memiliki kelezatan tersendiri, sebagaimana dibuktikan oleh banyak orang yang bisa memakannya. Biasanya makanan ini disajikan saat hangat bersama dengan acar dan cabai sehingga rasanya lebih enak dan lebih lezat. Selain itu, ternyata makanan ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Bagi Anda yang ingin tahu apa saja manfaat dan khasiat dari martabak telur ini, berikut adalah manfaatnya.

1. Tingkatkan energi

Khasiat Martabak Manis pertama dapat membantu Anda menghasilkan energi. Makanan ini bisa menjadi zat yang sangat baik untuk tubuh, terutama membantu pembentukan energi. Senyawa dalam makanan ini dapat membantu tubuh memproses energi dan kalori.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain menghasilkan telur, kekuatan martabak memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satunya meningkatkan kesehatan jantung. ini terjadi karena dalam makanan ini memiliki senyawa protein yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kemudian, senyawa ini sangat penting untuk membuat kesehatan jantung dan dapat menghindari berbagai risiko penyakit jantung lainnya.

3. Mengatur suhu tubuh

Martabak telur di dalamnya mengandung zat besi yang mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh. Dengan adanya senyawa ini, suhu tubuh masih bisa dikontrol dengan baik.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan dalam martabak telur ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini disebabkan kandungan yang ada dalam makanan ini sebagai komponen penting dalam konstituen enzim dan juga bahan lain dalam tubuh seperti katalase.

5. Menjadi antioksidan yang sangat kuat

Telur maratabak memiliki manfaat sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya mencegah, makanan ini juga dikenal sebagai anti virus dan bakteri, senyawa dalam makanan ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri dan cacing dalam tubuh.

6. Dapat memotong berat badan

Zat antiinflamasi dalam telur dapat membantu mengatur sel-sel lemak yang terbentuk di tubuh Anda. Penurunan berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahap ini dapat mengubah pra-adiposit menjadi sel-sel lemak melalui proses yang Anda sebut sistem peradangan. Kemudian, senyawa yang terkandung dalam makanan ini dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi yang tentunya baik untuk mencegah berat badan Anda.

7. Mengatasi sembelit

Jika Anda sering mengalami sembelit, Anda harus mengambil martabak telur. Ini terjadi karena makanan ini dapat membantu proses pembuangan racun dalam tubuh. Jadi jika sembelit terjadi, maka Anda bisa mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi makanan ini.

8. Atasi radang tenggorokan

Telur martabak juga dapat mengatasi radang tenggorokan yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Lalu, radang tenggorokan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti berganti musim, mengonsumsi es dan lain-lain. Bagi Anda yang memiliki tenggorokan sensitif, Anda bisa makan makanan ini untuk menghindari radang tenggorokan.

9. Menjaga kecantikan mata

Kandungan martabak telur ternyata bermanfaat untuk mempercantik dan mempercantik mata. Karena itu, konsumsilah telur maratabak secara teratur sehingga mata Anda akan sehat dan cantik.

10. Ubah mood

Manfaat martabak telur dapat membantu Anda meningkatkan kondisi hati. Ketika pikiran tidak pasti atau kembung, cobalah mengonsumsi makanan ini, karena kandungan dalam makanan ini dapat merangsang hormon tertentu yang membuat suasana hati lebih baik.

Related Articles

Check Also

Close
Close