Uncategorized

Website Mendadak Tak Bisa Diakses? Ini 5 Faktor Penyebabnya!

Pernahkah Anda mendapati browser berhenti dan malah mengalihkan tujuan ke website lain yang dikenal? Ada kalanya juga saat mengakses hosting murah domain gratis untuk situs yang dikelola, Anda malah berhadapan dengan keterangan Page Not Found.

Gangguan tersebut pastinya membuat Anda kesal saat berselancar di dunia maya. Untuk mengatasi hal ini, Anda juga harus mengenal faktor penyebabnya. Berikut lima pemicu yang kerap membuat browser macet atau pindah ke laman yang yang tak diinginkan.

  • Kesalahan pada pengaturan DNS

Kesalahan saat membuat dan menentukan pengaturan DNS atau nama server ternyata berisiko membuat website sulit diakses. Anda juga mungkin bakal kesulitan mengaplikasikan hosting murah domain gratis. Pada beberapa kasus, Anda masih bisa membuka website meski tak lama. Untuk memperbaikinya, Anda dapat mengakses Control Panel dan mengubah nama server yang bisa masuk ke dalam domain panel.

  • Nama domain sudah kedaluwarsa

Domain yang tak diperpanjang masa pemakaiannya secara otomatis akan memasuki masa kedaluwarsa. Salah satu tanda yang akan Anda jumpai adalah website yang tak dapat diakses atau dialihkan karena sudah dikunci. Jika tak segera diaktifkan kembali, domain pun dihapus. Anda masih punya kesempatan untuk mendapatkannya kembali sebelum jatuh tempo. Proses perpanjangannya sendiri membutuhkan waktu sekitar 24 hingga 72 jam.

  • Koneksi internet kurang stabil

Koneksi internet memang memiliki pengaruh besar terhadap hosting murah domain gratis. Ketika provider sedang bermasalah atau dalam masa pemeliharaan, sebagian besar website yang Anda akses pun tak bisa dibuka sementara waktu. Anda bisa menggunakan provider berbeda kalau memungkinkan. Namun, kalau koneksi ternyata tak terganggu, ada kemungkinan laptop atau PC yang Anda pakai mengalami kerusakan di bagian dalam.

  • Perangkat terserang virus atau malware

Bukan rahasia lagi kalau virus dan malware menjadi musuh-musuh utama pengguna komputer maupun internet. Dampak yang ditimbulkan pun cukup banyak, salah satunya menghambat akses pada website yang Anda urus. Apabila efeknya belum parah, segera pasang antivirus atau program sejenis sebelum memasang hosting murah domain gratis. Anda mungkin harus melakukan instal ulang kalau serangan virus dan malware sudah merusak software dan hardware perangkat.

  • IP komputer terblokir firewall

Apa Anda tak bisa mengakses semua website tanpa kecuali? Ada kemungkinan IP laptop atau PC terblokir firewall. Penyebabnya pun beragam, dari terlalu sering refresh saat memakai browser, salah memasukkan logn cPanel, DOS attack, port scan, spamming, hingga hacking. Anda yang kurang ahli dalam menangani pemblokiran IP oleh firewall, sebaiknya bawa perangkat ke orang yang lebih profesional untuk mendapatkan solusi.

Semoga Anda bisa mengatasinya ya!

Related Articles

Check Also

Close
Close