KulinerMasakan

Resep Siomay Ikan Yang Super Lezat Di Mulut

  Halo netizen, menu masak kita apa ya hari ini? Nasi goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Coba tebak mau bikin apa hari ini? Yaass sesuai judulnya kita akan membahas resep siomay ikan yang super lezat di mulut.

Kalian udah tahu belum apa itu siomay? Pastinya udah tau ya kan, soalnya siomay sendiri banyak banget yang jualan di pinggir jalan. Atau jangan jangan kalian ada yang belum tau? Wah bahaya banget

Oke kalau begitu sebelum ke resep siomay ikan yang super lezat, kita bahas dulu yuk tentang Apa itu Siomay.

Apa Itu Siomay?

Siomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin makanan ini disebut shaomai, sedangkan dalam bahasa Kanton disebut seo mai. Dalam dialek Peking, makanan ini juga ditulis sebagai, dan juga dilafalkan shaomai. Kulit siomai menyerupai kulit siomay. Konon makanan ini berasal dari Mongolia Dalam.
Awalnya, Siomay hanyalah salah satu dari sedikit menu yang terdapat pada makanan dim sum. Siomay juga dibuat dengan daging giling dengan kulit pangsit di atasnya. Namun ternyata siomay yang ada di Indonesia sudah berubah bentuk, karena isinya bukan lagi daging, melainkan daging tenggiri, udang, atau ayam, sehingga dijamin siomay Indonesia itu halal, dan bentuknya sudah sedikit berubah, yang dulunya silindris, Dan sekarang seperti bakso bulat.
Siomay di Indonesia tidak hanya disajikan dengan siomay, tapi juga dengan berbagai sayuran yang menyehatkan dan menyehatkan. Menu tambahannya meliputi kentang, kol, pare, tahu, dan telur ayam. Terkadang pangsit juga mengandung otak dan pangsit lembab yang membuat rasanya kaya. Improvisasi inilah yang dilakukan di Bandung, intinya siomay akan menarik bagi mereka yang lebih suka makan sayur.

Pengertian Siomay Dari Sejarah Cina

Dalam resep masakan Cina, siomai adalah daging babi giling yang dibungkus dengan kulit tipis tepung terigu. Namun, siomai juga dibuat dengan udang, daging kepiting, atau daging sapi. Siomai dibuat dalam bentuk silinder, dan atasnya dengan hiasan seperti telur kepiting, wortel parut, atau kacang polong.
Setelah matang dengan cara dikukus, siomai dimakan dengan cuka atau kecap.Dalam masakan Indonesia, terdapat berbagai jenis pangsit berbahan dasar daging untuk isian, mulai dari ikan tenggiri, ayam dan udang, hingga pangsit kepiting atau campuran ayam dan udang. Bahan isi dicampur sagu atau tapioka. 
Di beberapa daerah, siomai tidak selalu dilapisi dengan kulit tepung terigu (kulit siomai). Siomai biasanya disajikan dengan beberapa jenis bahan pelengkap. Suplemen siomai yang biasa disajikan antara lain telur ayam rebus, sayuran seperti kentang, rebusan, dan kubis. 
Sebelum disajikan, siomai dan bahan pelengkapnya biasanya dikukus hingga bisa disajikan hangat. Tahu bakso (tahu putih dan tahu kasar yang diisi dengan pasta tapioka) juga bisa ditambahkan ke jenis siomai. Karena itulah seomai di Jawa Barat disebut juga dengan Bakso Tahu.
Siomai umumnya disajikan dengan sedikit bumbu kacang yang terbuat dari kacang tumbuk dan diencerkan dengan air. Bumbu untuk saus kacangnya termasuk cabai merah, bawang putih, gula, asam, bawang putih, garam meja dan cuka. Saat disajikan, Anda bisa menambahkan siomai dengan kecap manis, sambal botolan, dan jus lemon.

Siomay Versi Jawa Barat

Di Jawa Barat teknik tampilan bakso tahu terbagi menjadi dua bagian, yaitu bakso tahu kering dan bakso tahu basah. Secara umum, pedagang yang menyajikan siomai dengan dua pilihan ini juga menawarkan patagor dengan sajian kering dan basah. 
Bakso Tahu / Batagor Kering, Disajikan Dengan Bumbu Kacang Seperti Siomai / Patagor Tradisional. Adapun bakso yang direndam dengan tahu / patagor (disebut juga bakso tahu / patagor kwah) adalah siomai / batagor (beserta beberapa bahan pelengkap) yang disajikan dengan kuah seledri, bawang goreng, dan kecap manis.
Kini Siomay tidak hanya dalam bentuk dim sum saja tetapi kita juga bisa menemukannya di setiap jalan dengan kandungan dan jenis siomay yang berbeda-beda.

Resep Siomay Ikan Yang Super Lezat Di Mulut

Bahan Bahan Resep Siomay Ikan

  • 500 gram fillet ikan
  • 4 siung bawang putih
  • 200 g tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 50 g tepung
  • Airnya cukup dingin
  • Rasa ayam
  • Bubuk lada

Pelengkap :

  • 2 kentang
  • 10 lembar daun kubis
  • 5 butir telur
  • 4 buah tahu putih
  • 10 buah siomay yang terbuat dari kulit

Saos Kacang :

  • 500 gram kacang tanah
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 100g gula merah
  • 5 lembar daun jeruk

Langkah Langkah Resep Siomay Ikan

  1. Gilin daging ikan menggunakan mesin giling daging
  2. Campurkan daging ikan giling dengan tepung tapioka dan tepung terigu. Tambahkan telur dan air, aduk hingga merata.
  3. Bumbui dengan bawang putih yang digiling halus, ayam penyedap rasa, dan merica bubuk. Untuk mencicipi rasa (hindari mencicipi makanan mentah) ambil sejumput adonan, didihkan sebentar hingga terapung. Koreksi rasa.
  4. Siapkan pelengkap, rebus kol dan kentang hingga setengah matang. Rebus telur, sisihkan. Saya punya sedikit keju sisa, saya ingin menambahkannya di atas pangsit, saya bisa melewatkannya jika tidak ada keju.
  5. Isi siomay ke dalam pelengkap, lakukan hingga semua bahan habis.
  6. Kukus pangsit selama kurang lebih 45 menit.
  7. Untuk bumbu kacang, goreng kacang tanah hingga kecoklatan. Haluskan kacang dengan air sampai halus, sisihkan. Haluskan cabai secara terpisah, tumis cabai yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan kacang tanah, gula merah, dan daun jeruk. Bumbui dengan perasa atau garam, koreksi rasa. Masak sampai matang.
  8. Jika sudah matang, siomay siap untuk disajikan dan disantap. Selamat mencoba

Resep Siomay Ikan Yang Super Lezat Di Mulut

Nah itu dia guys resep siomay ikan yang super lezat di mulut. Gimana.. gampang bukan? Jika siomay ikan terlalu banyak kalian bisa taruh di freezer, dan jika ingin makan lagi silahkan goreng atau gunakan alat penghangat makanan

Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya. Sekian tutorial dari saya, selamat mencoba guys.

Close