Uncategorized

Cara Menabung dirumah Agar Tidak Terpakai

Cara-Menabung-dirumah-Agar-Tidak-Terpakai

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberitahu bagaimana cara menabung dirumah agar tidak terpakai . Menabung bisa menjadi hal yang sulit terutama bagi kamu yang terbiasa konsumtif dan berfoya-foya. Namun hal ini bisa menjadi sangat mudah jika kamu rela berkorban untuk masa depan, dengan cara berhemat.

1. Taruh Uang di Tempat Tersembunyi

Tips pertama paling mudah adalah meletakkan uang kamu di tempat tersembunyi. Ini bisa menjadi surprise pada diri sendiri jika suatu saat kamu menemukan uang ini.

Akan tetapi Biasanya terkadang kamu suka lupa jika sudah menaruh uang di tempat tersebut. Tapi jika memang kamu dapat mengingatnya dan memang tidak dibutuhkan sama sekali, bisa kamu taruh di dalam tabungan.

2. Mengunci Tabungan

Jangan ragu untuk mengunci tabungan kamu sendiri. Apalagi saat ini banyak perbankan yang menawarkan produk dengan sistem seperti ini. Jika kamu menabung di Bank, pastikan kamu menggunakan fitur ini. Kamu tidak bisa mengambil tiba-tiba tabungan kamu. Ada jangka waktu tertentu, sehingga ini memicu kamu untuk semakin tegas terhadap pengeluaran keuangan.

Dan jika kamu menabungnya di dalam celengan, maka pilihlah celengan yang terdapat kunci atau yang tidak bisa dibuka dengan cara mudah. Maka dengan begitu, kamu akan merasa kesulitan dan mengurungkan niat untuk mengambil tabungan tersebut.

3. Simpan di dalam brankas

Brankas ada di posisi pertama. Tempat penyimpanan berbentuk kotak atau persegi ini dinilai cukup aman karena dilengkapi dengan kata sandi. Siapapun tidak bisa mengambil apa yang ada di dalamnya kalau tidak mengetahui kata sandi dari brankas.

Selain kata sandi, beberapa brankas juga dibuat dari material yang cukup sturdy atau kokoh sehingga brankas tidak mudah dihancurkan begitu saja. Jika ingin menyimpan semua harta benda di dalam brankas, sebaiknya pilih material yang kuat.

Simpanlah brankas di tempat yang aman, seperti lemari, sehingga tidak mudah dilacak oleh orang-orang jahat yang ada di luar sana. Jaga pula keamanan sandi agar brankas tidak mudah dibobol.

4. Sela-sela Tumpukan Pakaian di Lemari

Hari gini masih ada yang menyimpan uang di sela-sela tumpukan pakaian? Tentu masih ada, ya! Meski cara ini terkesan kolot atau sangat tradisional, tetapi bisa dikatakan cukup aman untuk menyimpan beberapa lembar uang.

Hal ini dikarenakan hanya sebagian orang yang aware atau kepikiran untuk melacak lemari pakaian seseorang saat mencuri. Meski terbilang aman, tetapi jumlah uang yang bisa disimpan di sela-sela pakaian sangatlah terbatas.

Apabila jumlahnya terlalu banyak, tumpukan kain akan terlihat berbeda dari tumpukan lainnya. Hal ini akan menimbulkan kecurigaan saat orang lain membuka lemari Anda.

5. Taruh di Bawah Tempat Tidur

Sama seperti cara nomor 2 di atas, cara ini juga termasuk kolot. Dan satu lagi, cara ini sedikit merepotkan karena Anda harus mengangkat-angkat tempat tidur saat ingin mengambil uang. So, cara ini tidak cocok bagi yang membutuhkan uang dalam waktu dekat ini. Tetapi jika benar-benar ingin menyimpan uang, cara ini sangat cocok dipraktekkan.

Simpan di sisi tempat tidur yang paling aman. Usahakan agar tidak ada satu orang pun yang mengetahui tempat penyimpanan ini. Jika orang lain sampai tahu, uang Anda bisa lenyap dalam sekejap mata.

6. Simpan dalam bentuk Emas

Cara selanjutnya adalah dengan menjadikan uang tabungan kamu itu sebagai aset riil, misalnya seperti emas. Hal tersebut dimaksudkan supaya kamu lebih mudah mengontrol keinginan kamu untuk berbelanja, karena dengan menjadikan tabungan kamu berbentuk emas, kamu tidak akan dengan mudah mengambil uang tersebut.

Pasalnya biasanya orang akan mudah tergiur jika tabungan kamu masih berbentuk uang. Menyimpan uang tunai sangat praktis, tetapi sangat berisiko terhadap laju perekonomian. Jika terjadi inflasi besar-besaran, maka nilai tukar uang akan semakin rendah. Untuk meminimalisir risiko ini, bisa membelanjakan sebagian besar uang untuk membeli emas.

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang kebal terhadap laju inflasi. Kalaupun terjadi inflasi, nilai jual emas justru akan semakin bertambah. Sehingga total keuntungan yang bisa didapat sangat besar ketika menjual emas-emas tersebut.

Tetapi, emas yang dijadikan investasikan sebaiknya berbentuk emas batangan bukan emas perhiasan. Ketika emas perhiasan dijual, Anda harus menanggung biaya pembuatan emas sebesar 15%-20% dari harga jual emasnya.  

Jadi menjadikan tabungan sebagai emas adalah langkah yang sangat efektif. Jadi, dengan begitu kamu akan bisa terus menabung tanpa takut terpakai uangnya.

Itulah beberapa cara menabung dirumah agar tidak terpakai yang bisa kamu terapkan untuk pengelolaan tabungan kamu semoga artikel ini bermanfaat. Ada sedikit informasi informasi jika kamu ingin beli mesin kopi dapat kunjungi website rumah mesimesin, terimakasih.

Related Articles

Close