Uncategorized

Resep Sehat Cara Membuat Kerupuk Kentang Enak!

Hi Guys! Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi dan membahas seputar kerupuk kentang dan pastinya cara membuat kerupuk kentang yang pastinya enak rasanya dan juga sehat karena, terbuat dari kentang asli dan tanpa bahan pengawet.

Buat teman-teman yang udah penasaran, yuk langsung di simak penjelasan di bawah berikut ini sampai selesai ya!

Kerupuk Kentang

cara membuat kerupuk kentang

Kerupuk merupakan makanan ringan atau cemilan dengan rasa gurih dan bertekstur renyah. Banyak di gemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Bahan dasar dari kerupuk kentang yaitu dari kentang itu sendiri dan pastinya sehat. Karena kentang juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Tips Memakan Kerupuk Sehat !

Tips makan kerupuk yang sehat yang pertama adalah pastikan bahan-bahan kerupuk yang di pakai sudah jelas. Dan juga memakai bahan dasar yang tidak berbahaya. Pabrik-pabrik yang memproduksi kerupuk lalu di edarkan dalam keadaan sudah matang mungkin cukup berisiko. Pada cara menggorengnya, walaupun bisa di konsumsi dalam jumlah terbatas.

Supaya terhindar dari risiko yang di sebabkan oleh kerupuk, anda di sarankan untuk membeli kerupuk mentah dan menggorengnya sendiri. Dengan menggunakan minyak terbaik, misal menggunakan minyak kelapa bukan minyak kelapa sawit.

Selain itu, agar mendapatkan nutrisi, pilihlah kerupuk dengan menggunakan bahan dasar dari ikan atau udang. Kerupuk jenis ini masih mempunyai kandungan protein yang bermanfaat untuk tubuh. Teman-teman bisa memakan kerupuk udang dan juga kerupuk ikan sebagai pendamping makanan.

Resep Kerupuk Kentang

Bahan-Bahan Kerupuk Kentang

  • 500 gram tepung tapioka
  • 500 gram kentang
  • 200 ml air hangat
  • 1 sendok makan gula
  • 3 sendok makan minyak goreng

Bahan-Bahan Untuk Bumbu Halus Kerupuk Kentang

  • 1 sendok ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh garam dapur
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat Kerupuk Kentang

  1. Langkah pertama cara membuat kerupuk kentang yaitu siapkan kentang dan cuci bersih sampai kotoran yang menempel hilang.
  2. Kemudian siapkan juga pengukus dan panaskan pengukus untuk mengukus kentang.
  3. Masukan kentang yang sudah di cuci bersih ke dalam pengukus. Tunggu sekitar 10 menit sampai kentang matang.
  4. Jika kentang sudah matang, angkat dari pengukus dan di tiriskan.
  5. Siapkan blender atau ulekan untuk membuat bumbu halus.
  6. Dan siapkan bahan-bahan ketumbar, bawang putih, dan garam. Ulek atau haluskan bumbu sampai merata.
  7. Kemudian masukkan juga kentang yang sudah di kukus dan haluskan bersama bumbu menggunakan blender atau ulekan.
  8. Campur semua bahan dan uleni menggunakan tangan sampai tercampur dengan merata semuanya.
  9. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan terus uleni sampai kalis dan tidak lengket di tangan.
  10. Jika adonan sudah kalis, bentuk menjadi lonjong atau panjang-panjang sesuai dengan keinginan kalian masing-masing.
  11. Lalu siapkan air di dalam panci untuk merebus dengan menggunakan api sedang saja.
  12. Masukkan adonan yang sudah di bentuk semua sampai mengapung berarti sudah matang. Angkat semua adonan dan di tiriskan.
  13. Setelah di rebus, adonan di diamkan pada suhu ruangan sampai kurang lebih 2 hari sampai mengeras dan mudah untuk di potong.
  14. Kemudian setelah adonan sudah mengeras, potong-potong adonan berbentuk tipis-tipis dengan menggunakan pisau tajam.
  15. Jika semua sudah di potong bulat-bulat, tata kerupuk di wadah lalu di jemur di bawah panas sinar matahari sampai kering.
  16. Selanjutnya siapkan minyak goreng pada wajan. Panaskan dan goreng kerupuk dengan menggunakan api sedang.
  17. Goreng semua kerupuk sampai berwana sedikit kekuningan. Sampai mengembang dan renyah teksturnya.
  18. Kerupuk kentang sudah siap di sajikan dan di nikmati, apabila kalian ingin menjualnya juga bisa di kemas menggunakan hand sealer agar aman dan terlindungi dan juga tidak mudah melempem.

Resep Kerupuk Kentang Rasa Pedas

Bahan-Bahan Kerupuk Kentang Rasa Pedas

  • 1 kg tepung tapioka
  • 1 kg kentang kukus
  • 2 sendok ketumbar bubuk
  • 2 sendok teh garam dapur
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sendok makan gula
  • 3 sendok makan bubuk cabe
  • air hangat secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Kentang Rasa Pedas

  1. Langkah pertama cara membuat kerupuk kentang yaitu siapkan blender atau ulekan untuk membuat bumbu halus.
  2. Masukkan ahan-bahan ketumbar, bawang putih, dan garam ke dalam blender atau ulekan dan kemudian haluskan semua bumbu sampai merata.
  3. Kemudian masukkan juga kentang yang sudah di kukus dan haluskan bersama bumbu menggunakan blender atau ulekan.
  4. Campur semua bahan dan uleni menggunakan tangan sampai tercampur dengan merata semuanya.
  5. Beri air sedikit demi sedikit dan terus uleni sampai kalis dan tidak lengket di tangan.
  6. Kalau adonan sudah kalis, bentuk menjadi lonjong atau panjang-panjang sesuai dengan keinginan kalian masing-masing.
  7. Lalu siapkan air di dalam panci untuk merebus dengan menggunakan api sedang saja.
  8. Masukkan adonan yang sudah di bentuk semua sampai mengapung berarti sudah matang. Angkat semua adonan dan di tiriskan.
  9. Setelah di rebus, adonan di diamkan pada suhu ruangan sampai kurang lebih 2 hari sampai mengeras dan mudah untuk di potong.
  10. Kemudian setelah adonan sudah mengeras, potong-potong adonan berbentuk tipis-tipis dengan menggunakan pisau tajam.
  11. Jika semua sudah di potong bulat-bulat, tata kerupuk di wadah lalu di jemur di bawah panas sinar matahari sampai kering.
  12. Selanjutnya siapkan minyak goreng pada wajan. Panaskan dan goreng kerupuk dengan menggunakan api sedang.
  13. Goreng semua kerupuk sampai berwana sedikit kekuningan. Sampai mengembang dan renyah teksturnya.
  14. Kemudian beri taburan bubuk cabe suapaya rasa kerupuk kentang menjadi pedas sesuai dengan selera kalian masing-masing.
  15. Kerupuk kentang sudah siap di sajikan dan di nikmati, apabila kalian ingin menjualnya juga bisa di kemas menggunakan hand sealer supaya terjamin keamanannya dan lebih praktis.

Apa Saja Manfaat Rasa Pedas Untuk Kesehatan ?

cara membuat kerupuk kentang
  • Membantu Mengatasi Hidung Yang Sedang Tersumbat

Kandungan capcaisin yang terkandung di dalam cabe ini tidak hanya berfungsi untuk membantu menghilangkan rasa sakit, tetapi juga bisa juga untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Hal ini terjadi karena zat yang ada pada cabe yang memberikan rasa pedas ini juga memberikan sensasi panas yang mampu mengatasi hidung terumbat.

  • Bisa Menghambat Adanya Kanker

Fungsi dari kandungan capcaisin yang ada di dalam cabe selanjutnya yaitu mempunyai kekuatan yang bisa membunuh leukimie dan sel-sel kanker. Karena itulah cabe mampu menghambat pertumbuhan pada tumor dan kanker.

  • Dapat Menjaga Kesehatan Mata Kita

Jika kita mengonsumsi sekitar satu sendok makan cabe dalam setiap harinya itu dapat menjaga fungsi mata agar tetap optimal, dan bisa menurunkan risiko terjadinya degenerasi makula.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan mengonsumsi makanan pedas dapat menghilangkan kolesterol jahat. Dan pada cabe terdapat kandungan capcaisin yang bisa melawan peradangan yang merupakan salah satu penyebab serangan jantung.

  • Mencegah Penyakit Anemia

Cabe menjadi bahan dasar yang ada zat besi di dalamnnya yang terkandung yang bisa membantu mencegah anemia. Anemia, merupakan penyakit kekurangan darah putih dan dengan gejalanya badan lemas dan wajah pucat yang di sebabkan karena kekurangan zat besi.

  • Mengandung Nutrisi

Jika kita mengonsumsi makanan pedas akan membuat lebih mudah dalam memnuhi asupan nutrisi. Cabe masuk dalam beberapa vitamin A dan C dan juga beberapa mineral penting yang berguna untuk tubuh kita.

  • Meningkatkan Fungsi Kognitif

Dengan memakan makanan dengan menggunakan banyak sambal yang terbuat dari cabe yang segar dapat mengurangi kemungkinan dalam mengalami gangguan kognitif. Dan pastinya akan lebih baik dan meningkatkan fungsi kognitif.

  • Dapat Untuk Membakar Kalori Dalam Tubuh

Metabolisme tubuh kita akan bekerja lebih cepat pada saat kita mengonsumsi makanan pedas dan juga dapat meningkatkan kadar kalori yang tebakar sebanyak 8%.

  • Penghilang Rasa Sakit

Kandungan capcaisin juga bisa meredakan rasa sakit tertentu yang di sebabkan oleh osteoartristis dan neuropati diabetes dan yang berasal dari sel-sel saraf menuju otak.

  • Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Kalium merupakan salah satu kandungan yang ada di dalam cabe yang jika di kombinasikan dengan folat pada jumlah yang tepat benar-benar dapat mengurangi terkenanya risiko jantung dan dapat juga mengurangi tekanan darah.

  • Membantu Stabilnya Kadar Gula Darah

Dengan memakan makanan yang pedas, bisa membuat kadar gula darah menjadi lebih stabil karena cabe bisa membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan. Dengan adar gula darah di dalam tubuh juga lebih stabil dan rentang normal itu membutuhkan insulin yang lebih baik.

  • Dapat Untuk Menjaga Kesehatan Usus

Sering juga di jadikan sebagai bahan pengawet makanan, karena cabe memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Dan juga kandungan capsaicin yang ada di dalam cabe dapat membunuh bakteri. Contohnya adalah H. pylori dan dapat untuk menyembuhkan penyakit radang usus.

Apa Saja Manfaat Kentang Untuk Kesehatan ?

cara membuat kerupuk kentang
  • Cocok Untuk Program Diet Karena Bebas Gluten

Gluten adalah salah satu protein yang terdapat pada kentang. Protein ini bisa menyebabkan gangguan terhadap orang yang menderita penyakit Celiac. Penyakit celiac adalah gangguan yang ada pada saluran pencernaan yang timbul akibat mengonsumsi makanan yang terdapat kandungan glutennya.

Pada lapisan dinding usus halus dapat mengalami kerusakan yang bisa mengakibatkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh kita menjadi terhambat. Untuk mengatasi hal tersebut bagi penderita penyakit Celiac atau orang dengan intoleransi gluten karena bebas gluten, kentang bisa menjadi pilihan yang baik.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Terdapat kandungan pati yang ada di dalam kentang. Manfaat pati ini dapat menjaga kesehatan pencernaan karena tidak bisa di proses dalam tubuh dan akan diarahkan ke usus besar untuk di jadikan sumber makanan untuk bakteri baik dalam perut.

  • Mengenyangkan

Bagi kalian yang sedang diet menurunkan berat badan, untuk sumber karbohidrat pengganti nasi yang tepat kalian bisa menggantinya dengan kentang.

Karena kentang memiliki kalori yang lebih rendah, kentang juga dapat membuat kalian lebih kenyang sehingga mengurangi konsumsi makanan lainnya.

  • Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang merupakan makanan yang rendah akan kalorinya, dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium pada kentang bisa menurunkan risiko kematian akibat dari penyakit jantung.

Serat yang ada di dalam kentang mampu membantu menurunkan kolesterol dalam darah itulah sebabnya bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Menyehatkan Tulang

Terdapat kandungan kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan fosfor yang ada di dalam kentang yang mampu menjaga kesehatan tulang dan keseimbangan tubuh. Tetapi, jika mengonsumsi fosfor secara berlebihan dan kalsium yang kurang dapat mengurangi kepadatan tulang yang memicu osteoporosis.

  • Mengontrol Kadar Gula Darah

Resistant starch merupakan jenis pati yang terdapat pada kentang. Resistant starch ini mampu mengurangi risiko resistensi insulin dan dapat digunakan untuk mengatur kadar gula darah.

  • Membantu Metabolisme Tubuh

Dapat membantu proses metabolisme tubuh merupakan manfaat dari kentang karena di dalam kentang terdapat adanya kandungan vitamin B6. Vitamin B6 di kenal sebagai zat yang berguna untuk proses pemecahan protein dan karbohidrat menjadi asam amino dan glukosa.

  • Sebagai Antioksidan

Manfaat kentang juga ditemukan pada kandungan antioksidannya. Kentang mengandung antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid, phenolic, dan carotenoid yang mampu menangkal radikal bebas.

Vitamin C dan guercetin pada kentang berfungsi sebagai antioksidan dan bisa melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

  • Baik Untuk Otot Dan Otak

Terdapat kandungan kolin yaitu nutrisi penting dan bermanfaat yang ada pada kentang. Kandungan kolin ini dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingin otak.

Dapat juga mampu mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak.

  • Menghindari Obesitas

Kentang dapat membantu menurunkan berat badan atau juga membantu orang yang sedang menjalani program diet. Makanan ini mengandung vitamin, mineral, dan zat lain yang baik untuk pertahanan tubuh melawan penyakit.

  • Tinggi Kolin

Kentang banyak mengandung zat kolin yang baik untuk kesehatan. Kolin membantu proses pembelajaran, memori, pergerakan otot, dan mengatur suasana hati.

Penyerapan lemak, perkembangan otak pada masa awal, menyalurkan sinyal saraf, dan menjaga bentuk dari struktur sel, juga merupakan manfaat dari kolin.

  • Mencegah Kanker

Terdapat kandungan folat di dalam kentang yang perannya dalam sinesis dan perbaikan DNA sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker.

  • Mengobati Diabetes Dan Tekanan Darah Tinggi

Makanan ini bisa di gunakan sebagai pengganti dari nasi. Karena itulah kentang bisa menurunkan diabeted dan mengontrol kadar gula darah.

  • Membuat Bentuk Tubuh Ideal

Selain menghindari obesitas, kentang juga bisa membuat tubuh menjadi ideal. Makanan ini membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Manfaat lain dari kentang ini juga bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan kita.

Bahaya Kerupuk !

  • Gagal Ginjal

Akibat yang pertama jika kalian berlebihan mengonsumsi kerupuk atau terlalu banyak memakan kerupuk akan berisiko terkena penyakit gagal ginjal. Hal ini bisa terjadi karena ginjal bekerja terlalu keras.

  • Kerusakan Otak

Terdapat juga berbagai kerupuk dengan berbagai warna-warni. Kerupuk dengan menggunakan perwarna ini ternyta mengandung bahan kimia yang bisa memicu kerusakan pada otak dan koordinasi tubuh.

  • Berisiko Terkena Obesitas

Selain dari minyak, kalori serta lemak juga terkandung dalam kerupuk yang bisa membuat risiko mengalami obesitas jika kebanyakan makan kerupuk.

  • Berisiko Terkena Kanker

Zat pewarna yang di gunakan untuk mewarnai kerupuk yang berbahaya bersifat karsinogen atau pemicu kanker.

Jadi, itu dia informasi mengenai kentang dan resep cara membuat kerupuk kentang yang sehat. Untuk kalian yang ingin lebih tau tentang resep yang lain bisa untuk cek artikel Cara Membuat Kerupuk Untuk Dijual yang bisa kalian jadian sebagai ide jualan atau juga referensi masakan kalian.

Memakan kerupuk boleh-boleh saja tetapi juga harus ada batasnya jangan terlalu berlebihan karena dampaknya tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Semoga artikel saya ini bisa membantu dan semoga bisa juga bermanfaat untuk teman-teman semua. Jangan lupa untu coba di rumah ya, Selamat Mencoba!

Thank You All!

Tags

Related Articles

Close