Uncategorized

Cara Ternak Kelinci Potong

Cara Ternak Kelinci Potong

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara ternak kelinci potong berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

kelinci yang disembelih bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Seperti diketahui, saat ini kelinci tidak hanya dijadikan hewan peliharaan, tetapi juga dimanfaatkan untuk konsumsi dagingnya. Namun daging kelinci yang biasa disantap bukan berasal dari kelinci hias.

Aneka olahan daging kelinci mulai populer di masyarakat, seperti sate kelinci. Daging kelinci ternyata memiliki rasa yang enak. Selain itu kandungan protein dan kolesterolnya yang tinggi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Cara beternak kelinci potong untuk bisnis tidak terlalu sulit dilakukan. Tentunya dengan pengelolaan yang baik, penyediaan kandang yang nyaman, pemberian pakan yang tepat dan teratur, hingga perawatan yang baik akan membuat usaha kelinci potong menguntungkan ..

cara ternak kelinci potong

Berikut cara ternak kelinci:

Menyiapkan kandang yang nyaman

Cara memelihara kelinci potong yang pertama adalah dengan menyiapkan kandang yang nyaman. Perlu di perhatikan beternak kelinci yang anda lakukan ini jauh dari hiruk pikuk kota. Selain itu, sirkulasi udara di dalam kandang juga harus baik.

Secara umum keramba ada dua jenis yaitu sangkar terbuka dan sangkar tertutup. Kandang sistem terbuka adalah hamparan tanah yang dikelilingi pagar. Kelinci diperbolehkan berkeliaran dengan bebas di area tersebut. Pada areal kandang disediakan naungan untuk berteduh dan tempat istirahat. Dengan sistem seperti ini, perawatannya relatif lebih mudah. Apalagi jika hamparannya luas, kelinci diperbolehkan mencari makan sendiri jadi jika terlambat makan tidak perlu khawatir.

Sedangkan kandang tertutup adalah kandang yang dibatasi lantai, dinding dan atap. Jenis kandang ini cocok untuk usaha peternakan intensif. Anda dapat memilih tipe kandang pos atau tipe kandang baterai.

Kandang tipe pos merupakan kandang untuk menempatkan beberapa ekor kelinci sekaligus. Digunakan sebagai kandang penangkaran dan perawatan kelinci muda. Sedangkan kandang tipe baterai adalah kandang yang dirancang untuk menampung satu ekor kelinci per kandang, biasanya berupa rak bertumpuk. Cocok untuk pembesaran.

Memilih Induk yang Berkualitas

Cara kelinci potong selanjutnya adalah dengan memilih indukan yang berkualitas. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada kelanjutan budidaya nantinya. Untuk mendapatkan peternak kelinci yang berkualitas, Anda harus benar-benar memperhatikan bibit ternak yang akan dibeli.

Pilih bibit kelinci yang memiliki bobot badan minimal 4 kg untuk kelinci betina dan 3 kg untuk kelinci jantan, warna mata cerah, bulu bersih, pinggul bulat penuh, dan gerakan lincah. Selain itu, pastikan kelinci tersebut adalah kelinci yang memiliki riwayat kesehatan yang baik.

Makanan

Pemberian pakan juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan kelinci khususnya untuk usaha kelinci broiler ini. Jika di alam liar kelinci hanya bisa makan sayuran hijau, Anda bisa menambahkannya dengan nutrisi atau vitamin lain.

Anda bisa memberikan makanan yang disukai kelinci yaitu sisa sayuran seperti sawi, wortel, lobak dan daun singkong. Juga jenis rumput dan daun dari tanaman kacang tanah, jagung dan pepaya.Rumput bisa dicacah menggunakan mesin pencacah rumput.

Selain itu, Anda bisa menambahkan sedikit nutrisi seperti piterna dan hormon ke dalam pelet atau makanan khusus untuk ayam pedaging. Berikan secara rutin 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Mengembangbiakkan Kelinci

Cara kelinci potong selanjutnya adalah dengan kawin. Kelinci memasuki tahap dewasa dan siap dikawinkan pada umur 6-12 bulan, tergantung jenisnya. Idealnya perkawinan kelinci broiler jantan dan betina baru dapat dilakukan pada saat jantan berumur 8 bulan dan betina berumur 6 bulan. Hal ini untuk menghindari risiko pernikahan dini yang dapat mengancam kegagalan reproduksi.

Proses kawin kelinci broiler bisa dilakukan pada pagi atau sore hari dengan cara memasukkan kelinci betina ke dalam kandang kelinci jantan. Setelah kelinci satu kali kawin, ambillah kelinci betina untuk istirahat sekitar 10 hingga 15 menit terlebih dahulu.

Kemudian, kawinkan kelinci betina dan kelinci jantan lagi, sampai betina tidak mau melakukannya lagi, dan kembalikan betina ke kandang semula.

Merawat Kelinci Kecil

Setelah kelinci broiler lahir, cara pemotongan kelinci selanjutnya adalah dengan merawatnya dengan menjaga kebersihan dan kehangatan kandang. Berikan makanan bergizi seperti wortel dan sayuran tumbuk lainnya. Tambahkan juga sedikit nutrisi pada ransum untuk menunjang tumbuh kembang kelinci broiler.

Panen

Cara kelinci potong selanjutnya adalah proses panennya. Anda bisa menjual kelinci broiler yang sudah memasuki umur sekitar 3-4 bulan, atau saat sudah mencapai berat sekitar 2-3 kg. Umumnya proses panen kelinci broiler bisa dilakukan sebanyak 4 kali dalam setahun. Kelinci betina bisa menghasilkan 6 ekor anaknya saat melahirkan.

Nah mungkin cukup segitu penjelasan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kalian sekian terimakasih.

Related Articles

Check Also

Close
Close