Uncategorized

Cara Ternak Kelinci Umbaran

Cara ternak kelinci umbaran

Nah sob pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara ternak kelinci umbaran berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Cara beternak kelinci dengan budidaya skala kecil

Dengan modal kecil pun, para pecinta kelinci bisa memulai usaha penangkaran kelinci skala rumahan dengan modal kecil. Hal terpenting yang harus dipahami adalah tips budidaya kelinci meliputi tahapan pembuatan dan penempatan kandang, pemilihan indukan, perawatan, pemberian pakan dan lain sebagainya. Berikut beberapa tips budidaya kelinci yang harus diperhatikan.

Siapkan Kandang

Baik memelihara kelinci dalam skala besar atau kecil, salah satu faktor terpenting adalah menyiapkan kandang. Ukuran kandang sendiri bisa disesuaikan dengan jumlah kelinci yang akan diternakkan. Begitu juga dengan tipe kandangnya, Anda bisa memilih tipe kandang kelinci dengan sistem terbuka atau tertutup. Ukuran harus mengacu pada luas ruang yang tersedia.

Untuk kelinci skala rumahan, lebih praktis membeli kandang kelinci di toko hewan peliharaan. Nah jika usahataninya semakin besar, maka kandangnya bisa dibuat sendiri untuk mengurangi biaya pembelian kandang yang lebih besar. Selanjutnya adalah tata letak atau posisi kandang kelinci yang benar. Kandang kelinci perlu ditempatkan di tempat yang sunyi, sepi, dan jarang ramai. Ruangan untuk penempatan kandang juga perlu mendapat suplai sinar matahari yang cukup dan sirkulasi udara yang cukup. Satu hal yang penting, beri jarak yang cukup antara kandang kelinci dengan dapur atau ruang makan.

cara ternak kelinci umbaran

Pakan Kelinci

Selanjutnya yang dibutuhkan untuk budidaya kelinci adalah pemberian pakan. Umumnya peternak kelinci memberikan pakan kelinci berupa kombinasi pakan pelet dan pakan nabati. Namun banyak juga yang hanya menggunakan pakan pelet karena jauh lebih praktis dan kandungan nutrisinya lebih sempurna. Meski begitu, peternak harus berhati-hati dalam perhitungan bisnis mengingat harga pakan pelet cukup mahal. Intinya, semua jenis pakan bisa diberikan asalkan tetap menguntungkan. kelinci juga memakan rumput dan rumput bisa dicacah menggunakan mesin pencacah rumput.

Pemilihan bibit yang cocok dan calon induk!

Pada dasarnya persyaratan memelihara kelinci tergantung dari tujuan utama pemeliharaan kelinci tersebut. Untuk keperluan kelinci hias (berambut panjang) seperti angora, rex, dan american chincilia kelinci merupakan jenis kelinci yang sangat cocok untuk di breeding. Bagi para breeder yang mempunyai tujuan membudidayakan kelinci hias, para breeder tersebut harus memilih bibit yang memiliki potensi genetik dan pertumbuhan bulu yang sangat baik. Secara spesifik kelinci yang akan diternakkan juga harus memiliki kesuburan yang tinggi, tidak memiliki saraf, tidak cacat, bulu tidak kusam, aktif, serta mata bersih dan terawat.

Membedakan kelinci jantan dan betina

Kelinci jantan – Mengetahui jenis kelamin jantan pada kelinci umumnya tidak sesulit itu, untuk kelinci jantan mempunyai ciri bentuk pada bagian bawah dekat ekor dan tepat pada bagian atas anus terdapat semacam tabung yang tertutup bulu, yaitu (organ penis kelinci jantan). Selain itu, kelinci jantan yang berumur sekitar tiga minggu memiliki bentuk kepala seperti balok. Untuk bobot badan, kelinci jantan akan memiliki bobot yang lebih kecil dari kelinci betina walaupun merupakan spesies yang sama. Kelinci jantan biasanya juga unik saat terlihat pada cuaca panas, biasanya akan menunjukkan tonjolan testis terutama saat kelinci sedang tiduran dan duduk. Untuk kelinci jantan juga memiliki temperamental yang baik dan rukun dengan siapapun disekitarnya. Selain itu, mereka juga memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap berbagai hal.

Kelinci betina – Untuk mengetahui kelinci betina, Anda bisa melihat bagian bawah ekor tepat di atas anus. Jika Anda melihat ada gundukan dengan celah, maka bisa dipastikan kelinci tersebut berjenis kelamin betina. Ukuran dan berat kelinci betina umumnya berbeda dengan kelinci jantan. Kelinci betina memiliki bobot dan ukuran yang lebih besar dari kelinci jantan meskipun merupakan spesies yang sama. Kepala kelinci jantan juga berbeda dengan jenis kelinci betina, umumnya bentuk kepala yang terlihat pada kelinci jantan memiliki bentuk yang lebih membulat.

Cara mengawinkan kelinci

Yang perlu diperhatikan dalam mengawinkan kelinci adalah jangan sekali-kali mengawinkan kelinci yang belum siap kawin (muda). Karena jika dipaksakan maka kelinci akan rusak. Biasanya jika seseorang memaksa kelinci jantan untuk kawin maka akan mengakibatkan kelinci jantan berubah bentuk menjadi kerdil, sehingga akan mengganggu pertumbuhannya sendiri dan kelinci betina akan gagal hamil jika dipaksa. Karenanya, kawinkan kelinci dengan usia ideal sekitar 8 bulan.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai cara ternak kelinci umbaran semoga bermanfaat untuk kalian sekian terimakasih.

Related Articles

Check Also

Close
Close