BeritaKesehatan

Beberapa Manfaat Susu Sapi Murni Untuk Diet

susu sapi murni atau pure milk, yaitu jenis susu yang kandungan gizinya tidak ada penambahan atau pengurangan. Selain itu, susu sapi murni tidak melalui banyak tahapan proses pengolahan. Sebagian besar susu sapi murni tidak melalui proses pasteurisasi atau UHT (ultra high temperature).

Susu Sapi Murni

Manfaat Susu Sapi Murni

Susu sapi mengandung protein yang membantu memulihkan stamina setelah berolahraga dan membentuk otot. Selain itu, kalsium dan lemak yang terkandung dalam susu sapi juga membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Kandungan kalori susu sapi cukup tinggi. Namun, mengonsumsi satu gelas susu sapi sehari tidak berpengaruh pada kenaikan berat badan Anda. Jadi, perhatikan kebutuhan kalori harian Anda, ya.

Salah satu caranya adalah dengan memilih susu rendah lemak atau susu skim. Susu sapi biasa mengandung 150–160 kalori, sedangkan susu skim hanya sekitar 90 kalori per 240 ml. Selain susu sapi, Anda juga bisa mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang-kacangan. Susu jenis ini telah diolah sedemikian rupa sehingga kandungan nutrisinya tidak kalah dengan susu sapi. Menariknya, kandungan kalori susu berbahan kacang-kacangan lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Susu Sapi Murni

Manfaat Susu Sapi Murni Untuk Diet

Manfaat Susu Sapi Murni

 

Konsumsi susu biasanya dihindari sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan, karena kandungan lemaknya. Sebagai alternatif, dipilihlah susu rendah lemak atau susu nabati yang terbuat dari almond atau kedelai.Banyak yang belum mengetahui bahwa susu sebenarnya bisa menjadi minuman yang tidak hanya menyehatkan tapi juga membantu pelangsingan.

Nutritionist di bidang klinis dan olahraga ini menjelaskan bahwa saat diminum, susu membuat pencernaan mengolah makanan lebih lama. Itu artinya kecepatan tubuh untuk mengosongkan lambung juga menjadi lebih lama. Artinya, perut akan terasa kenyang dan bertahan cukup panjang sehingga keinginan untuk makan jadi terkontrol.

Baca Juga : Cara Membersihkan Spring Bed yang Kotor dan Bernoda

Selain itu, lemak dalam susu juga memicu aktivitas lemak coklat, yaitu sel lemak coklat. Pembentukan sel lemak ‘baik’ biasanya dipicu oleh protein yang salah satunya terdapat pada susu atau suhu dingin. Berbeda dengan sel lemak putih atau kuning yang menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko berbagai penyakit degeneratif, lemak coklat justru membantu membakar lemak di sekitarnya.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk melangsingkan tubuh, konsumsi susu tetap harus dibatasi. Emil menyarankan minum susu maksimal 750 cc sehari atau setara dengan tiga gelas 200-250 cc. Dapat diminum saat sarapan, sebelum olahraga dan malam hari sebelum tidur.

Seimbangkan juga dengan olahraga atau tingkatkan aktivitas fisik. Protein akan membantu membakar kalori lebih optimal saat digunakan untuk aktif beraktivitas. Tidak harus olahraga berat. Membiasakan berjalan kaki dari tempat parkir mobil ke kantor, naik tangga alih-alih lift, atau jogging di pagi hari bisa menjadi pilihan.

Tips Menyimpan Susu Sapi Murni Agar Awet

Manfaat Susu Sapi Murni

1. Susu segar mengandung ribuan bakteri

Umumnya, susu segar yang baru keluar dari hewan ternak mengandung antara 1.000-3.000 bakteri per mililiter. Angka ini dianggap biasa. Kandungan bakteri akan meningkat bila bersentuhan dengan udara, mesin pemerah susu, filter, dan tangan manusia. Oleh karena itu, segera dinginkan untuk mencegah bakteri berkembang biak.

2. Panaskan susu segar sebelum diminum

Agar lebih aman, panaskan susu segar sebelum dikonsumsi. Proses memanaskan susu segar disebut juga dengan pasteurisasi. Pasteurisasi Homestyle Tuang susu segar ke dalam panci. Panaskan selama 15 detik hingga suhu mencapai 75 derajat celsius. susu segar yang telah dipanaskan, sebaiknya segera diminum.

3. Simpan susu dalam kulkas atau freezer

Anda juga dapat menyimpan susu pasteurisasi buatan sendiri di lemari es. Pertama, tuangkan ke dalam botol tertutup rapat. Susu pasteurisasi buatan sendiri akan disimpan selama sekitar 3 hari di lemari es. Ada juga susu pasteurisasi segar buatan sendiri yang bisa bertahan di lemari es hingga seminggu. Namun, Epi menyarankan untuk mengonsumsi susu dalam waktu 3 hari.

Susu juga bisa disimpan di freezer atau dibekukan. Membekukan susu tidak akan mengurangi nutrisinya. Umur simpan susu beku akan lebih lama, sekitar 3-6 bulan. Pastikan dituangkan dalam botol atau tumblr yang tertutup rapat. Cara mengkonsumsi susu beku, turunkan terlebih dahulu ke dalam lemari es biasa. Jangan langsung masuk ke suhu ruangan, karena bakteri akan berkembang biak dengan sangat cepat. Jadi jika ingin minum susu, pindahkan ke kulkas biasa sehari sebelumnya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika anda ingin membuat es krim dengan tekstur yang soft dan dengan bahan utama dari susu sapi, anda bisa menggunakan Mesin Es Krim ICR BQ 316 M. Semoga artikel ini berguna dan juga bermanfaat untuk anda.

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close