Uncategorized

Cara Membuat Peyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih Pakai Santan

Cara Membuat Peyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih Pakai Santan

Buat kamu yang mau coba resep peyek kacang yang enak yuk simak artikel ini, kita akan membahas cara membuat peyek kacang tanah renyah dan gurih pakai santan.

Peyek kacang adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia, rasanya yang gurih dan lezat membuat camilan yang satu ini di gemari oleh banyak orang. Sebelumnya ada yang belum tahu apa itu peyek kacang? kalau belum yuk kita cari tahu bareng-bareng.

Pengertian Peyek Kacang Tanah

Rempeyek adalah jenis makanan dari kelompok gorengan yang bisa dihidangkan dan dinikmati dengan berbagai macam hidangan. Bisa langsung dinikmati sebagai camilan, teman nasi, atau bahkan di dajikan sebagai pelengkap makanan lainnya.

Secara umum, rempeyek adalah gorengan tepung terigu yang di campur dengan udara membentuk adonan yang kental, di beri bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan di beri bahan pengisi yang khas. Peran tepung di sini adalah pengikat untuk isi rempeyek.

Konon, rempeyek telah ada sejak masa kesultanan Mataram sekitar abad ke-16. Namun masih perlu kajian mendalam, mengingat sumber sejarah yang terbatas. 

Itu dia sedikit penjelasan tentang rempeyek yang gurih ini. Setelah itu kita langsung saja membahas cara pembuatannya

Resep Cara Membuat Peyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih Pakai Santan

cara membuat peyek kacang tanah renyah dan gurih pakai santan

Bahan-Bahan:

  • Kacang tanah 500 gram, biarkan utuh atau potong jadi dua bagian / lebih sesuai selera saja
  • Tepung beras 500 gram
  • Tepung tapioka atau tepung kanji 50 gram
  • Daun jeruk 7-10 lembar, gunting atau iris tipis-tipis
  • Santan kental instan 100 mili liter
  • Air kurang lebih sebanyak 500 mili liter
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya

Bumbu Halus:

  • Bawang putih 7 siung
  • Ketumbar sangrai 2 sendok makan
  • Kemiri 3 butir
  • Kunyit bubuk secukupnya (bisa diganti kunyit segar 1 ruas jari)

Cara Membuat Peyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih Pakai Santan:

  1. Pertama-tama masukkan semua bahan kecuali kacang dan daun jeruk, aduk semua sampai rata. Baru masukkan irisan daun jeruk dan kacang.
  2. Selanjutnya panaskan minyak yang cukup banyak dengan menggunakan api sedang cenderung kecil, kemudian masukkan 1 sendok atau centong sayur adonan rempeyek ke pinggir wajan. Biarkan pinggirannya matang, lalu dorong adonan ke dalam minyak, dan goreng sampai kacang matang.
  3. Lakukan terus sampai adonan peyek habis.
  4. Angkat, biarkan minyak agak tiris, siapkan tisu sebagai alas untuk menyerap minyaknya.
  5. Jika sudah agak dingin simpan ke dalam toples.
  6. Sajikan. Kriuk-kriuk mantap!

Nah mudah bukan,yuk cobain di rumah. Selain itu kita akan membahas manfaat yang ada pada rempeyek kacang tanah.

Baca juga: Bikin peyek kacang renyah dan gurih

Manfaat Peyek Kacang Tanah:

1. Membantu Meningkatkan Kesuburan

Kacang mengandung baik jumlah asam folat. Mengulangi penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asupan harian 400 mikrogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan mengurangi risiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang serius hingga 70%.

2. Bantu dalam Peraturan Gula Darah

Seperempat cangkir kacang dapat memasok tubuh dengan 35% dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari mangan, mineral yang berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium, dan regulasi gula darah.

3. Membantu Mencegah Batu empedu

Mungkin mengejutkan bahwa kacang dapat membantu mencegah batu empedu. Tapi 20 tahun penelitian telah menunjukkan bahwa makan 1 ons kacang, kacang atau selai kacang seminggu menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25%.

4. Membantu Fight Depresi

Kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin, salah satu bahan kimia otak kunci yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Ketika depresi terjadi, penurunan jumlah serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresan serotonin itu bila ada peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

5. Memori meningkatkan Power

Apakah Anda tahu apa yang dapat ditemukan dalam kacang yang memberi mereka “makanan otak” tag? Hal ini disebabkan mereka vitamin B3 atau niasin konten yang banyak manfaat kesehatan termasuk fungsi otak normal dan meningkatkan kekuatan memori.

6. Membantu Tingkat Kolesterol Rendah

Gizi yang sama kacang yang memberikan kekuatan meningkatkan memori mereka juga membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol. Ditambahkan ke yang isinya tembaga mereka yang membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Banyak manfaat yang terkandung pada rempeyek tetapi tetap mengonsumsi sewajarnya saja jangan berlebihan. Itu dia resep cara membuat peyek kacang tanah renyah dan gurih pakai santan, terimakasih sudah berkunjung.

Related Articles

Close