Uncategorized

Kegunaan Minyak Esensial Lavender untuk Rambut

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kegunaan minyak esensial

Minyak Esensial

Minyak atsiri atau minyak ethereal adalah ekstrak minyak wangi yang diperoleh melalui penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu atau biji buah. Selain bermanfaat untuk merilekskan dan menenangkan pikiran, minyak atsiri juga bisa menjadi penawar penyakit.

Lalu apa saja manfaat minyak atsiri untuk kesehatan? Minyak atsiri bukanlah minyak seperti biasanya karena tidak mengandung asam lemak. Komponen benar-benar murni dari ekstrak tumbuhan, yang merupakan sumber dari persiapan. Minyak atsiri dapat dioleskan langsung ke kulit atau dihirup. Namun sebelum mengoleskannya ke kulit, encerkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak kelapa cair.

Kegunaan Minyak Esensial

1. Peppermint: Masalah Pencernaan

Kalau sedang mual, diare, atau kram perut, ada baiknya kamu coba olesi perut dengan minyak esensial peppermint. Pasalnya, minyak esensial peppermint mengandung senyawa yang bisa menenangkan otot-otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas penyebab sakit perut. Selain itu, minyak esensial peppermint juga dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh.

Menurut sebuah penelitian aroma minyak esensial peppermint juga mampu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Baca juga: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Mint

2. Lemon: Memperbaiki Suasana Hati

Para ahli asal Jepang menemukan bahwa aroma minyak esensial lemon dapat membantu mengendalikan gejala depresi. Bahkan, penggunaan minyak esensial lemon dapat mengurangi pemakaian obat antidepresan pada penderita depresi. Selain itu, manfaat minyak esensial lemon juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan membantu mengatasi jerawat.

Karena aroma yang dihasilkan dapat menaikkan suasana hati, minyak yang satu ini juga baik untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

3. Lavender: Masalah Tidur dan Mengatasi Gejala PMS

Minyak lavender adalah salah satu minyak paling serbaguna. Bagaimana tidak, minyak esensial lavender dapat memberikan efek menenangkan dengan mengurangi kadar hormon stres kortisol dalam darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma lavender dapat meningkatkan gelombang alfa di otak yang terkait dengan relaksasi dan tidur nyenyak.

Tidak hanya itu, manfaat minyak esensial lavender juga dapat meringankan gejala PMS dengan mengoleskannya di bagian perut sembari terus dipijat lembut. Baca juga: Ingin Kencan Pertama Sukses? Semprotkan Aroma Lavender pada Tubuh

4. Jeruk bali merah (grapefruit): Mengurangi Nafsu Makan

Bagi yang sering tak mampu menahan rasa lapar, cobalah untuk menghirup aroma minyak esensial jeruk bali merah. Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Neuroscience Letters menemukan bahwa menghirup aroma minyak esensial jeruk bali dapat menghambat saraf lambung yang memicu rasa lapar.

5. Minyak kayu putih: mengobati pilek dan flu

Sudah melakukan berbagai cara namun pilek dan flu masih saja datang? Coba hirup aroma minyak esensial kayu putih (eukaliptus) secara rutin. Ya, manfaat minyak esensial eukaliptus dapat membantu menyembuhkan hidung tersumbat dan rasa sesak akibat alergi. Eukaliptus mengandung sifat antibakteri yang dapat merilekskan otot-otot hidung. Campurkan beberapa tetes minyak esensial esensial eukaliptus ke dalam air hangat dan hirup aroma segarnya.

6. Meredakan Mual

Minyak esensial lavender mungkin terkenal karena sifatnya yang menenangkan. Menggunakan lavender oil secara topikal atau dalam diffuser dapat membantu pikiran Moms terurai saat bersiap untuk tidur. Kandungan yang sama ini juga dapat membuat lavender efektif dalam memerangi mual.

Jika mual Moms disebabkan oleh kecemasan atau sakit fisik, kekuatan lavender untuk bersantai mungkin tepat. Obat ini bekerja paling baik ketika Momsmeletakkan beberapa tetes lavender dalam diffuser minyak esensial dan menghirup perlahan ketika aroma memenuhi udara.

Jika anda ingin membuat minyak atsiri dari segala bahan alam anda bisa menggunakan mesin Destilasi Minyak Atsiri yang bisa anda dapatkan di rumah mesin.Sekian dari saya selamat mencoba.

Related Articles

Check Also

Close
Close