Uncategorized

Rahasia Cara Membuat Sambal Bawang Mentah Super Spesial

Siapa sih yang nggak tau dengan sambal kekinian yang satu ini. Sambal bawang namanya. Sambal ini sering dijumpai pada ayam geprek. Tapi taukah sobat cara membuatnya bagaimana ? Berikut adalah cara membuat sambal bawang mentah super spesial

Sebelum saya menjelaskan resep dan cara membuatnya. Saya akan memberikan sedikit informasi mengenai sambal bawang

Sambal Bawang

Cara Membuat Sambal Bawang Mentah
Cara Membuat Sambal Bawang Mentah

Sambal bawang atau sambal korek adalah sambal yang terbuat dari bawang yang dicampur cabai. Adapun cara membuat sambal bawang adalah dengan cara di uleg haluskan (sesuai selera) semua bahan bahan tersebut di cobek.

Secara garis besar, sambal berbahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabai dan ditambah bahan-bahan lain.

Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia. Sambal juga ditemukan dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.

Sambal bawang bisanya di sandingkan dengan ayam goreng, ikan laut goreng, tempe/tahu goreng, telur dadar, apalagi ayam atau daging dan juga lalapan.

Gausah lama – lama langsung saja yuk simak resepnya di bawah ini

Resep Sambal Bawang Putih Kekinian

Bahan – Bahan :

  • 7 buah cabai rawit
  • 1 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (sedikit saja, satu jumput)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Minyak goreng panas (secukupnya)

Cara Membuat Sambal Bawang Mentah : 

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai dengan cobek
  2. Tambahkan garam, kaldu ayam bubuk dan gula secukupnya
  3. Aduk semua bahan hingga rata
  4. Panaskan minyak, siram ke dalam sambal Aduk-aduk rata
  5. Sambal bawang telah siap untuk disajikan

Nah bagiamana sobat ? Anda tertarik mencobanya ? Sebenarnya tidak hanya sambal bawang saja. Masih banyak aneka macam sambal ciri khas Indonesia, berikut adalah rangkuman beberapa sambal nusantara

1. Sambal Matah

Sambal matah termasuk ke dalam sambal iris, untuk membuatnya semua bahan hanya perlu diiri-iris. Sambal matah merupakan sambal khas Bali.

Rasa pedas dari sambal matah sangat terasa, sebab sambal ini tidak dimasak melainkan mentah atau matah dalam bahasa Bali. Cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk limau, garam dan minyak dicampur menjadi satu untuk membuat sambal matah khas Bali ini.

2. Sambal Ijo 

Sambal ijo berasal dari Padang, kata ijo adalah bahasa lokal yang merujuk kepada warna sambal, yaitu hijau. Bahan utama untuk membuat sambal ini adalah cabai hijau sehingga warna sambal pun sesuai dengan warna cabai yang dipakai. Racikannya sendiri terdiri dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau.

Rasa yang bisa anda dapatkan dari sambal ijo adalah rasa gurih serta berminyak. Jika masih asing dengan sambal satu ini, kamu bisa sering menemukannya di rumah makan padang.

3. Sambal Bajak 

Sekilas mirip dengan sambal terasi. Namun bahan baku yang dipakai ada yang berbeda, sehingga rasanya pun akan berbeda. Di dalam racikan sambal bajak juga ditambahkan daun salam, lengkuas, gula merah dan air asam.

Sambal bajak cocok untuk dijadikan cocolan ayam goreng atau ikan bakar. Lebih nikmat lagi ditambah nasi putih hangat.

4. Sambal Terasi 

Sambal terasi sangat terkenal di Indonesia dengan cita rasa khas sambal pedas serta gurih dan beraroma terasi. Terasi adalah bumbu khas Indonesia yang berasal dari udang.

Racikan sambal terasi sebenarnya hanya berupa racikan sambal yang umum, yaitu cabai, bawang merah dan bawang putih hanya saja ditambah dengan terasi.

Nah itulah beberapa macam sambal nusantara. Jangan lupa untuk segera mempratekan resep cara membuat sambal bawang mentah di rumah ya. Selain itu anda juga bisa mempelajari cara membuat sambal bawang putih.

Selamat mencobanya dan pastikan anda mengikuti langkah – langkah tersebut dengan benar dan semoga berhasil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Sampai jumpa di artikel lainya ya sob !

 

 

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close