Uncategorized

Cara Merebus Telur Bebek Asin

Halo teman-teman, pada artikel ini saya akan memberikan tips bagaimana cara merebus telur bebek asin yuk di simak baik-baik.

Sejarah Telur Asin ?

Telur asin merupakan istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain.

Telur asin pertama kali dipopulerkan di Brebes pada 1950-an. Adalah In Tjau Seng dan Tan Polan Nio, yang keduanya membuka usaha telur asin pertama di sana.Telur Asin Menembus Masa Etnis China masuk ke Brebes sekitar abad ke 18

Satu abad sebelum pondasi toko pertama telur asin ditancapkan ke tanah. Peradaban China di Brebes bisa dilihat dari adanya dua klenteng di Losari (Hok Tek Tjeng Sin) dan Klenteng (Hok Tek Bio) di Gamprit, Keduanya sudah ada sejak abad 19.

Orang-orang Tionghoa waktu itu mengenalkan berbagai makanan termasuk telur asin. Mulanya telur asin disuguhkan dalam sesaji dalam peribadatan warga Tionghoa, bahkan menjadi menu yang wajib ada. Telur asin dijadikan simbol kesuburan untuk Dewa Bumi.P Prosespengasinan merupakan tradisi atau malah satu-satunya cara membuat makanan lebih awet dari semestinya.

Dengan diasinkan, berbagai olahan makanan, termasuk telur bisa disimpan lebih lama.B Bermuladari sesaji Dewa Bumi, masyarakat Tionghoa menjadikan telur asin sebagai bagian dari kekuatan ekonomi pada masa transisi pasca-Kemerdekaan.

Selepas revolusi pada periode 1945 hingga 1950, perekonomian Indonesia belum benar-benar stabil. Pada rentang waktu itu, telur asin menjadi bagian perekonomian masyarakat Tionghoa. Tak hanya untuk sesaji para dewa-dewa, telur asin juga mulai mengisi perut-perut lapar mereka.Untuk kesekian kalinya telur asin kembali bertransformasi.

Cara Merebus Telur Bebek Asin

Langkah pertama :

Bahan-Bahan :

  • 12 butir telur bebek
  • Toples yang dapat di tutup rapat
  • 1/2 liter air
  • 500 gram garam

Cara Merebus Telur Bebek Asin :

  1. Pertama-tama rendam telur dalam air selama 2 menit
  2. Jika ada telur yang mengapung, buang saja, karena telur tidak bagus telur hingga bersih
  3. Hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur tidak pecah atau retak. Keringkan telur
  4. Kamu bisa memilih untuk mengamplasnya atau tidak
  5. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka
  6. Setelah itu larutkan garam dalam air. Aduk hingga benar-benar larut. Masukkan dalam toples yang dapat ditutup rapat
  7.  Jangan lupa masukkan telur perlahan-lahan. Pastikan telur terendam semua. Beri jarak 2 cm dari permukaan
  8. Rendam selama 12 hari. Jika ingin rasa lebih asin rendam hingga maksimal 42 hari atau 6 minggu
  9. Oh iya selama proses perendaman, jauhkan dari cahaya matahari. Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil.
  10. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 jam.

Manfaat Telur Asin

1. Membuat Tulang Sehat

Mampu membuat tulang dalam tubuh Anda menjadi sehat. Telur asin memiliki kandungan fosfor serta kalsium yang cukup guna membantu pertumbuhan tulang sekaligus menjaganya. Dengan begitu, Kamu akan terbebas dari penyakit tulang salah satunya osteoporosis.

Baca Juga : Alat Perebus Telur

2. Bantu Proses Regenerasi Sel

Membantu proses regenerasi sel juga termasuk dalam salah satu manfaat lain yang akan Anda dapatkan dari telur asin. Hal tersebut diakibatkan oleh kandungan protein di dalam telur asin yang hadir dalam jumlah cukup tinggi.

3. Menyehatkan Kulit

Di dalam telur asin tengah terkandung vitamin E yang begitu tinggi. Seperti diketahui vitamin E ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kehalusan serta kecerahan kulit.

Bukan hanya itu, vitamin E di dalam telur asi juga mampu melindungi kulit dari gatal-gatal, jamur, kulit kasar, jamur dan masih banyak lagi. Untuk itu, bagi kalian yang memiliki masalah pada kulit sangat disarankan untuk mengonsumsi telur asin dalam porsi sewajarnya.

Buat teman-teman yang sedang mencari alat lainnya bisa cek di website rumah mesin, Demikian cara merebus telur bebek asin nya selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close