Kesehatan

Mengenal Contoh Alat Kesehatan Di Ruang Operasi Rumah Sakit

Ruang Operasi atau sering disebut dengan Ruang OK merupakan salah satu ruang dari sekian banyak ruang yang ada di Rumah Sakit. Memang tidak semua Rumah Sakit menyediakan Ruang Operasi. Hal ini bergantung pada klasifikasi rumah sakit itu sendiri. Baik, terkait dengan Ruang Operasi di Rumah Sakit. Untuk menunjang pelayanan tersebut, setidaknya ada sekian banyak peralatan medis yang terdapat di dalamnya. Berikut ini beberapa contoh alat kesehatan yang terdapat di dalam ruang operasi. 

Contoh Alat Kesehatan di Ruang Operasi

Meja Operasi 

Meja Operasi ini merupakan perangkat medis yang wajib dan harus ada di dalam ruangan operasi. Meja Operasi disebut juga Operating Table yang digunakan untuk menempatkan pasien yang akan menjalani operasi. Meja (table) ini tidaklah sama dengan meja yang kita kenal pada umumnya. Dan juga tidak sama dengan meja periksa kedokteran pada umumnya. Meja ini memiliki fitur yang unik, karena dapat diatur ketinggiannya, kemiringannya dan juga memiliki bentuk serta desain yang cukup kompleks. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan dokter dalam melakukan tindakan operasi kepada pasien. 

Lampu Operasi

Penerangan merupakan bagian yang amat penting dalam Ruang Operasi. Tanpa penerangan yang maksimal, proses operasi akan mengalami kendala yang berarti dan bahkan dapat terjadi hal yang fatal dan membahayakan pasien. Oleh sebab itu, lampu Operasi Rumah sakit sangatlah penting dan merupakan Alat Kesehatan wajib yang ada di dalam ruang operasi. Lampu Operasi sendiri tidak sama dengan lampu – lampu yang kita gunakan di rumah. Lampu ini memiliki desain tersendiri dan memiliki tingkat penerangan yang besar. 

Mesin Anestesi 

Alat kesehatan di ruang operasi lainnya yang tidak kalah penting dari kedua perangkat diatas yaitu adanya mesin Anestesi. Apa itu mesin anestesi ? Yaitu sebuah alat Elektromedik yang berfungsi penting dalam proses pembiusan dan monitoring kesadaran pasien pada saat menjalani operasi. Mesin ini terhubung dengan banyak perangkat lainnya seperti alat pasien monitor, ventilator dan lain sebagainya. Harga Mesin Anestesi ini cukup mahal sehingga tidak semua rumah sakit dengan ruang operasi telah memiliki alat tersebut.

 Electro Surgical Unit (ESU)

Apa itu electrosurgical unit ? yaitu sebuah alat kesehatan Elektromedik yang digunakan untuk melakukan pembedahan, pemotongan, dan juga koagulasi pada saat proses operasi dilakukan. Alat ini bisa dikatakan sebagai pisau elektronik (laser) yang dioperasikan menggunakan tenaga listrik. Alat ini juga merupakan perangkat wajib yang harus ada di dalam ruang operasi standar yang telah ditentukan oleh pemerintah. 

Instrument Operasi

Alat Kesehatan di Ruang Operasi lainnya yang juga harus wajib ada di dalam ruang operasi adalah instrument Operasi. Alat ini terdiri dari berbagai macam alat seperti jenis pisau, jenis gunting, pinset, klem dan lain sebagainya yang tidak bisa kami sebutkan satu – persatu. Alat instrument Operasi ini merupakan alat yang terdiri dari banyak sekali jenis. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, jenis gunting operasi saja bisa sampai puluhan item namanya. Hal ini dibut untuk mempermudah tindakan dari berbagai macam kondisi dan keadaan. 

Nah, sekian informasi yang bisa kami bagikan kepada anda pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan selamat menjalankan aktifitas anda kembali. Sampai jumpa kembali.

Related Articles

Close