Uncategorized

Cara Membuat Jus Mengkudu Kaya Akan Manfaat, Lezat Juga Tentunya

Cara Membuat Jus Mengkudu – Jus Mengkudu mengandung berbagai manfaat selain menjadi sumber karbohidrat dan serat Mengkudu juga memiliki banyak manfaat. tetapi karena aroma buah mengkudu yang menyengat dan tekstur daging yang lembut membuat orang tidak tertarik untuk mengkonsumsinya. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak menyukai aroma dan tekstur buah Mengkudu karena Anda bisa menikmatinya dalam bentuk jus.

sebuah penelitian laboratorium menunjukkan bahwa buah Mengkudu mengandung antioksidan, merangsang sistem kekebalan tubuh dan juga melawan tumor. Berikut ini menjelaskan kandungan zat dalam Mengkudu yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan jus Mengkudu

  •     Zat terpenoid yang berguna untuk membantu proses synstesis oraganic dalam pemulihan sel-sel tubuh
  •     Anti-bakteri (pseudomonas aerginosa, staphlylococus, protens morganii, escheria coli dan bacilius subtilis) yang dapat membunuh bakteri menular dan juga dapat mengendalikan bakteri mematikan seperti patogen. Bakteri lain yang dapat dibunuh menggunakan Mengkudu termasuk pseudomonas aerginosa, e coli, bacilius subtilis, morgana protens, staphylococcus aureus, salmonella, s. typhi, scotmuelleri, shigella dusenteriae dan S. pradysenteriae.
  •     Mengandung anti kanker yang dapat melawan sel-sel abnormal yang menyebabkan gejala kanker
  •     Nutrisi dalam bentuk protein, vitamin, mineral, selenium dan senyawa.
  •     Scolopetin yang berguna untuk mengusir peradangan dan alergi.
  •     Xeronine dan proxeronine, bioaktif, iridoid, serat, metil, asetil, morindone dan asam kaprilat.

Manfaat Jus Mengkudu

1. Pencernaan

Mengkonsumsi jus ini secara teratur, akan memiliki khasiat salah satunya melancarkan pencernaan. Pencernaan yang lancar mencegah Anda dari penyakit seperti perut kembung dan cedera usus, untuk mengatasinya Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengonsumsi jus ini secara teratur.

2. Menurunkan Kolesterol

Peningkatan kadar klosterol dalam tubuh adalah salah satu faktor yang menyebabkan penyakit kardiofaskular. Untuk mengatasi ini konsumsi jus merupakan alternatif untuk mengurangi kolesterol.

3. Obati infeksi

Infeksi adalah hal yang disebabkan oleh bakteri dalam tubuh. Mengkudu memiliki zat anti bakteri, mengonsumsi jus ini dapat mengendalikan bakteri dalam tubuh.

4. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan anti oksidan, vitamin E dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C yang terkandung dalam jus ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, tubuh akan terhindar dari berbagai macam paparan penyakit.

5. Cegah Kanker

Penelitian telah membuktikan bahwa kandungan senyawa 2-metoksi-1,3,6-trihidroksi dalam jus buah sangat baik untuk mencegah kerusakan DNA sel. Jika ini terjadi maka dapat menyebabkan kanker. Namun, karena kandungan senyawa yang terkandung dalam jus Mengkudu dapat mencegah kerusakan DNA sel.

6. Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit di mana seseorang mengalami kadar gula darah berlebih. Kandungan proxeronine adalah zat yang ditemukan dalam buah yang membantu mengendalikan kelebihan gula darah dalam tubuh.

7. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan xeronine dalam buah Mengkudu dapat menormalkan tekanan darah. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ada baiknya, konsumsilah jus Mengkudu secara teratur.

Cara membuat jus Mengkudu

Bagi Anda yang suka jus Mengkudu asli atau tanpa campuran berikut ini kami jelaskan cara membuatnya.

 Bahan yang dibutuhkan:

  •         4 buah mengkudu matang kita cuci bersih
  •         1 lembar daun pandan, ikat simpul
  •         Tongkat kayu manis 1 jari
  •         500 ml air
  •         3 sendok makan gula.

Cara membuat jus Mengkudu :

1. Langkah pertama adalah membersihkan buah mengkudu yang sudah matang. Kemudian potong-potong sesuai keinginan. Ingatlah untuk menggunakan buah mengkudu yang matang agar tidak berbau.

2. Langkah kedua siapkan blender, lalu kita haluskan menggunakan blender dengan batu air.

3. Setelah dihaluskan, barulah kita saring jus Mengkudu yang kita purekan sebelumnya, gunakan saringan, ambil jusnya.

4. Tahap selanjutnya, sediakan wajan dan jus jus Mengkudu kita rebus tadi, dengan campuran daun pandan, kayu manis dan gula.

5. Tahap terakhir rebus di atas api kecil, sambil diaduk, kalau sudah mendidih jus buah Mengkudu asli bisa kita sajikan. Minum Jus buah mengkudu bisa kita simpan di lemari es jika ingin meminumnya saat dingin. Atau Anda juga bisa menggunakan es yang telah dicukur menggunakan mesin es serut.

Demikian penjelasan singkat mengenai jus ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, salam sukses. Anda juga dapat memnimumnya diruangan ber AC, untuk service rutinnya bisa di service ac jogja.

Related Articles

Check Also

Close
Close