Bisnis

Ini Batas Waktu Settlement Mesin EDC BCA

Perkembangan teknologi yang maju, kini pembayaran non tunai menjadi primadona di Indonesia. Salah satu alat yang banyak dipakai di merchant, toko atau cafe-cafe saat ini adalah mesin edc. Yup mesin edc ini dapat mempermudah kita sebagai pebisnis dalam melakukan transaksi jual beli non tunai.

Mesin edc sendiri memiliki sistem yang sudah terintegerasi oleh pihak bank penerbit. Jadi semua transaksi yang kita lakukan di hari tersebut akan tercatat langsung di mesin edc.

Namun kita sebagai pemilik mesin edc wajib melakukan yang namanya settlement di hari yang sama. Settlement sendiri merupakan proses transfer dari pihak bank ke kita sebagai merchant yang menggunakan mesin edc.

batas waktu settlement mesin edc bca
batas waktu settlement mesin edc bca

Jadi Settlement akan menampilkan total transaksi yang kita lakukan dihari tersebut. Jika kita tidak melakukan settlement, pihak bank akan menganggap tidak ada transaksi yang terjadi.

Namun proses settlement ini memiliki cara kerja dan waktu tersendiri. Yuk simak batas waktu settlement mesin edc bca yang akan mimin jabarkan dibawah.

1.) Pihak merchant atau kita diwajibkan melakukan settlement minimal 1x di setiap hari, kecuali dihari tersebut tidak terdapat transaksi sama sekali. Pihak Bank BCA sendiri tidak akan menanggung akibat dari kelalaian pihak merchant yang tidak melakukan settlement.

2.) Jika ada transaksi menggunakan uang elektronik ataupun kartu kredit, kita wajib melakukan settlement dalam batas waktu maksimal 7 hari terhitung sejak tanggal Transaksi. Jika melebihi batas waktu yang ditentukan pihak BCA tak akan melakukan transfer dana di transaksi tersebut.

3.) Merchant wajib membuat rekonsiliasi data tagihan dan pembayaran. Apabila dalam hal rekonsilasi terjadi perbedaan data, maka Merchant diwajibkan untuk segera melaporkan secara tertulis perbedaan data tersebut kepada BCA selambat-lambatnya 14 Hari Kalender terhitung sejak tanggal Transaksi.

4.) Bank BCA akan melakukan pembayaran dari hasil settlement dihari sebelumnya tentunya hari kerja. Merchant juga tidak dapat mengklaim kesalahan ataupun transaksi error jika settlement melebihi batas waktu yang ditentukan.

Itu tadi batas waktu settlement mesin edc BCA yang diberlakukan oleh pihak Bank BCA. Hal ini sangat perlu kita ketahui agar merchant yang kita jalani tidak mendapatkan masalah ataupun kerugian.

Related Articles

Check Also

Close
Close