BisnisKecantikanKesehatanLingkunganUncategorized

Minyak Atsiri Lemon dan Kandungan Hingga 15 Manfaatnya

Halo Sobat semuanya!

Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi artikel yang ada pada website ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu apa yang sedang dicari oleh sobat semuanya!

Pada kesempatan kali, penulis yang kece ini akan membagikan mengenai Minyak Atsiri Lemon. Nah pasti Sobat semua sudah tidak asing lagi nih mengenai Minyak Atsiri, yang merupakan salah satu jenis minyak nabati yang di ekstrak menggunakan berbagai jenis tanaman, yang pastinya memiliki banyak sekali manfaat.

Dan Minyak Atsiri memiliki beragam jenis lho. Ada sektar 140 jenis Minyak Atsiri yang diperdangkan di pasar Internasional, dan juga ada 40 jenis Minyak Atsiri yang di produksi sendiri oleh Indonesia, tetapi hanya 12 jenis saja yang mendapatkan standar ekspor.

Oke kita langsung saja masuk ke topik utama, yaitu Minyak Atsiri Lemon. Check it out!

Minyak Atsiri Lemon

Hasil gambar untuk minyak lemon

Essential Oil Lemon adalah salah satu jenis dari banyak nya Minyak Atsiri. Minyak ini di ekstra dari kulit lemon. Minyak ini memiliki nama lain Citrus Lemon, dan juga aroma nya yang cerah, ceria, dan juga memiliki banyak manfaat entah untuk kesehatan, kulit, dan lain sebagainya.

Penjelasan lebih lengkapnya bisa dibuka di Minyak Essensial Lemon ya, terima kasih! Oke sebelum masuk ke topik selanjutnya, kita menuju ke kandungannya terlebih dahulu, cuzz!

Kandungannya

Hasil gambar untuk lemon

Minyak Atsiri Lemon sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk aromaterapi dan beberapa penyembuhan penyakit lainnya yang dilakukan secara tradisional. Hal ini dipercaya karena, Minyak Lemon memiliki kandungan dan nutrisi alami.

Berdasarkan dari penelitian dan data anekdotal, berikut ini merupakan kandungan dari Minyak Atsiri Lemon :

  • Antibakteri
  • Antijamur
  • Antiseptik
  • Astringen
  • Desinfektan
  • Detoksifikasi
  • Agen pelembap alami
  • Agen pembersih alami
  • Aromaterapi Hiperpigmentasi

Karena berbagai efek alami atau natural tersebut, Minyak Lemon dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pengobatan Ayurvedic, selama kurang lebih dari seribu tahun untuk mengatasi beragam macam kondisi kesehatan.

15 Manfaat Minyak Atsiri Lemon

Ada banyak sekali manfaat yang terdapat dalam minyak jenis ini, yang pastinya untuk kesehatan kita. Dan berikut ini 15 manfaat dari Minyak Atsiri Lemon :

Menenangkan Pikiran.

Hasil gambar untuk menenangkan pikiran

Bukan rahasia lagi nih Sobat, bahwa aroma lemon itu dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh kita. Minyak ini juga berpotensi membuat jiwa rileks, dan meredakan rasa cemas.

Membantu Mengatasi Masalah Pernapasan.

Hasil gambar untuk ilustrasi mengatasi masalah pernapasan

Selain mengandung antimikroba dan antioksidan, Minyak Lemon ini juga bersifat antiradang juga lhoo. Maka dari itu, lemon termasuk dalam Minyak Atsiri yang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pernapasan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Meredakan Rasa Nyeri.

Hasil gambar untuk rasa nyeri

Efek dari antidepresan dan antistress alami dari minyak ini diyakini dapat berkontribusi untuk meredakan rasa nyeri. Sebuah riset yang ada terkait efek ini masih dilakukan, sehingga studi pada manusia tentu diperlukan untuk menguatkan khasiat minyak esensial lemon ini.

Membantu Melindungi Organ Tubuh.

Hasil gambar untuk melindungi organ tubuh ilustrasi

Penggunaan minyak jenis lemon ini dipercaya dapat melindungi organ dalam, seperti hati dan ginjal, akibat penggunaan obat aspirin. Minyak Atsiri Lemon juga salah satu obat antinyeri dan antipembekuan darah.

Memiliki Sifat Antijamur

Hasil gambar untuk ilustrasi antijamur

Minyak Lemon ini memiliki sifat antijamur, sehingga berpotensi untuk meredakan masalah jamur pada kulit kita. Menurut studi pada tahun 2017, mengatakan bahwa Minyak Lemon dalam melawan infeksi jamur tertentu, bahkan kutu air ketika dioleskan.

Mengatasi Gejala Stress dan Depresi

Tanda Stres yang Patut Diwaspadai dan Cara Menghilangkannya

Aroma yang khas dari Minyak Lemon ini merupakan zat penenang alami, sehingga dapat membuat lebih rileks saat menghirupnya dan secara otomatis pasti meredakan perasaan cemas, stress, lelah.

Hal ini juga didasarkan pada studi tahun 2016 bahwa Minyak Atsiri Lemon ini terbukti dapat meningkatkan suasana hati pada tiga percobaan uji stress dan mengurangi kecemasan pada pasien setelah menjalani operasi ortopedi.

Kesehatan Kulit

Jendela Jualan: Kulit Buah Lemon Sebagai Pengusir Nyamuk

Selain baik digunakan untuk gejala kehamilan seperti terjadinya mual dan muntah.

Manfaat Minyak Lemon yang lainnya yaitu dapat memelihara kesehatan kulit. Sifat antioksidan dari Minyak Lemon dapat membantu mengurangi kerusakan jaringan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Disamping itu, lemon juga dipercaya mempunyai sifat anti penuaan yang dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda. Seperti yang dimuat dari Jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tentang sifat dari antimikroba pada minyak esensial, lemon itu termasuk salah satu minyak yang dapat membantu mengobati masalah kulit. Entah lecet/luka, gigitan serangga, kulit berminyak, selulit.

Akan tetapi, sangat disarankan untuk mengoleskan Minyak Atsiri Lemon langsung ke kulit/tubuh, karena dapat menyebabkan iritasi/alergi. Maka dari itu, bisa diatasi dengan mencampurkan terlebih dahulu bersama minyak pembawa (zaitun jojoba, dll), sebelum mengoleskannya.

Mengatasi Jerawat.

Hasil gambar untuk ilustrasi mengatasi jerawat

Terdapat dua kandungan alami dari Minyak Lemon, yaitu astringen dan antimikroba, yang dipercaya dapat mengatasi jerawat secara efektif. Kandungan astringen ini berperan untuk membersihkan sel-sel kulit mati, membuka pori-pori tersumbat, dan juga mencegah hiperpigmentasi dari jerawat.

Menyembuhkan Luka.

Memiliki kandungan vitamin C, efek antimikroba, antioksidan yang dapat berperan untuk menyembuhkan jaringan luka lebih cepat, mencegah infeksi, dan juga membersihkan kulit. Sebagian orang bahkan menyimpan Minyak Lemon dalam kotak PK3 untuk membersihkan luka.

Melancarkan Pencernaaan

manfaat minyak atsiri lemon

Salah satu sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa Minyak Esensial Lemon ini mengandung gas gastro terhadap perut lambung yang dapat  mengurangi gejala gastritis pada tikus. Studi lainnya juga menyebutkan bahwa minyak ini dapat berkerja lebih baik mengatasi sembelit pada orang.

Mengurangi Minyak Berlebihan.

Hasil gambar untuk cara mengurangi minyak berlebih di wajah

Lemon sendiri sudah terbukti dapat mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Gunakanlah jika Sobat ingi tampil dengan bebas mengkilap.

Memperkuat Kuku.

Manfaat Minyak Atsiri Lemon yang dapat memperkuat kuku

Untuk kuku Sobat yang kering, kusam, kasar, berwarna kekuningan, bisa diatasi dengan campuran olive oil dengan perasan lemon, lalu gosok secara perlahan di kuku Sobat.

Meningkatkan Kosentrasi

10 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukan bahwa siswa yang belajar pada ruangan kelas dengan aromaterapi minyak lemon dapat hasil lebih baik dalam ujiannya. Kemudian juga, studi kecil pada tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat Minyak Lemon yaitu dapat meningkatkan fungsi kognitif dari pasien Alzheimer.

Meredakan Morning Sickness pada Ibu Hamil

Manfaat Morning Sickness bagi Ibu dan Bayi - Cantik Tempo.co

Kata Morning Sickness merupakan sebutan dari gejala mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil pada pagi hari. Gejala ini adalah paling umum yang dialami ketika masa awal kehamilan, dan salah satu cara mengatasinya dengan penggunaan Minyak Atsiri Lemon ini.

Hal ini juga diteli oleh salah satu studi pada tahun 2014 yang dimana 100 wanita hamil menggunakan aromaterapi minyak ini dan di pagi hari mengalami penurunan gejala mual dan muntah yang signifikan.

Pemutih Gigi.

Hasil gambar untuk gigi sehat putih

Campurkan baking soda dengan lemon yang sudah diperas. Kemudian oleskan pada gigi Sobat dengan sikat gigi, kemudian beilas hingga bersih.

Mengobati Sariawan.

Hasil gambar untuk mengobati sariawan

Untuk mengobati sariawan, gunakanlah beberapa tetes perasan lemon atau Minyak Atsiri Lemon diatas sariawan Sobat agar lebih cepat pulih.

Memperindah Bibir.

manfaat minyak atsiri lemon

Gunakanlah perasaan lemon sebelum tidur dan langsung dibilas ketika sudah bangun tidur. Hal ini dapat menghilangkan kulit mati dan kering. Tetapi jika kulit bibir Sobat sedang luka, sebaiknya jangan gunakan ya!

Membantu Melindungi Tubuh.

Memiliki efek yang melindungi tubuh dengan cara melawan dan memurnikan zat-zat yang berbahaya didalam tubuh. Minyak Lemon juga memiliki efek detoksifikaasi untuk membersihkan tubuh dari pantogen berbahaya, yang nantinya mungkin akan menyerang organ tubuh.

Cara Pembuatan

cara membuat essential lemon oil

Membuat Esenstial Lemon dengan Minyak Zaitun

  1. Siapkan lemon segar terlebih dahulu, diusahakan organik ya.
  2. Kemudian siapkan wadah yang bisa tertutup rapat, berwarna gelap, minyak zaitun murni dan parutan
  3. Langkah awal, cuci lemon hingga bersih kemudian pisahkan antara kulit dan buahnya.
  4. Lalu, parut kulit sampat habis. Tetapi perlu diperhatikan, saat memarut jangan sampai kena bagian putihnya.
  5. Jika sudah, sisipkan parutan kulit lemon sebanyak beberapa sdm.
  6. Selanjutnya, masukkan parutan kulit lemon kedalam sebuah wadah yang telah disiapkan
  7. Jika menggunakan lemon peel powder, pastikan bahan yang digunakan pastinya lemon kering
  8. Kemudian, masukkan minyak zaitun ke dalam wadah, hingga kulit lemon benar-benar terendam
  9. Lalu, tutup rapat wadah tersebut, dan diamkan minimal 2 minggu
  10. Jika sudah, saringlah menggunakan saringan, dan jangan biarkan residu atau ampas tersaring, maka dari itu gunakaan saringan yang halus
  11. Dan jika ada residu yang terkumpul, langsung bisa dibuang saja.
  12. Kemudian, tuang minyak yang sudah disaring ke dalam botol yang gelap, dan minyak siap digunakan

Cara Membuat Essential Oil tanpa Direbus

  1. Siapkan kurang lebih 3-4 lemon matang, kemudian cuci bersih dan keringkan
  2. Lalu siapkan minyak kelapa, wadah yang bisa ditutup dengan rapat dan kedap udara, llau wadah atau botol untuk menyimpan
  3. Kupas buah lemon tipis saja, ambil bagian kulitnya tetapi jangan sampai kena bagian putihnya.
  4. Kemudian, masukkan kulit kedalam wadah yang kedap udara, dan masukkan minyak hingga kulit benar-benar terendam
  5. Letakkan minyak di sekitar jendela yang terkena sinar matahari, dan diamkan selama 1-2 minggu, kemudian kocoklah setiap hari
  6. Jika sudah, saringlah minyak kemudian masukkanlah ke botol gelap yang sudah disiapkan, dan essential lemon oil siap digunakan

Penggunaan Minyak Lemon

Hasil gambar untuk penggunaan minyak lemon

Bisa menggunkan alat khusus yaitu diffuser, dengan cara sampurkan 3-4 tetes kedalam diffuser, dan biarkan harumnya memenuhi ruangan Sobat.

Pastikan juga ruangan nya memiliki sirkulasi udara yang baik. Dan batasi pula sesi aromaterapi menggunakan diffuser maksimal 30 menit saja.

Jika ingin mengoleskannya ke tangan secara langsung juga disarankan campurkan atau mengoleskannya dengan minyak pembawa (zaitun, almond oil, dll), karena minyak ini dilaporkan dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, dan sebagian minyak atsiri juga memiliki kandungan yang cukup keras.

Efek Samping Penggunaan

efek samping penggunaan Minyak Atsiri Lemon

Minyak Atsiri itu umumnya aman untuk digunakan, termasuk juga untuk kebutuhan aromaterapi maupun untuk dioles ke kulit.

Tetapi lebih baiknya, kita cek terlebih dahulu apakah Minyak Atsiri ini cocok untuk kulit kita. Caranya dengan mengoleskannya kebagian tubuh, misalnya punggung tangan, dan tunggu sampai 24 jam. Jika terjadi alergi seperti kemerahan, gatal, ruam-ruam, maka segera dihentikan penggunaannya. Jika tidak terjadi apapun, maka itu tanda cocok dan aman untuk kulit Sobat.

Sebaiknya juga hindari paparan sinar matahari, bila Sobat baru mengaplikasikan Minyak Lemon atau membasuh kulit terlebih dahulu sebelum kita berpergian.

Potensi dan Peluang Usahanya

Ketersediannya buah lemon, buah yang mampu menghasilkan keuntungan yang cukup bernilai tinggi. Buah dengan rasa masam yang kerap dibutuhkan masyarakat. Lemon ini bisa dikonsumsi dengan utuh, bahkan juga bisa diolah menjadi Minyak Atsiri, yang juga digemari oleh banyak orang karena manfaatnya, aroma yang sangat baik untuk kesehatan.

Nah, sudah dibilang selain digunakan untuk kebutuhan makanan atau minuman, Lemon juga banyak digunakan atau dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti untuk kecantikan, penyegar ruangan, parfum, penghilang bau tak sedap, menghapus noda di dinding, kemudian melunturkan kotoran membandel pada perabot.

Dengan maanfaat yang luar biasa, membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mendapatkan lemon atau bahkan Minyak Atsiri Lemon.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan sebuah bisnis atau usaha Minyak Atsiri Lemon :

Memulai Bisnis Minyak Atsiri Lemon

Bisnis Minyak Lemon ini menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan, karena masyarakat juga banyak yang tertarik untuk menggunakan Minyak Atsiri. Untuk memulai bisnis Minyak Atsiri ini tidak sulit. Bisa dimuali dengan modal yang kecil, atau bisa menjadi reseller terlebih dahulu. Sobat juga bisa memulai bisnis budidaya lemon dirumah, karena merupakan salah satu bisnis yang tidak pernah mati.

Pelaku Bisnis

Bisnis Minyak Atsiri Lemon ini bisa dilakukan siapa saja dan cocok dijalankan oleh semua orang. Mungkin Sobat yang sedang bingung bisa mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan adanya kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis Minyak Atsiri Lemon ini dapat Sobat jalankan dengan mudah.

Peralatan Bisnis

Dalam bisnis Minyak Atsiri Lemon ini membutuhkan beberapa peralatan yang penting, apalagi proses nya menggunakan metode penyulingan, yang pastinya menggunakan alat destilasi minyak atsiri, dan juga alat bantuan lainnya. Dengan adanya peralatan dan bahan yang lengkap, maka bisnis Minyak Lemon akan makin maksimal.

Pemasaran Minyak Atsiri Lemon

Nah, untuk pemasarannya bisa dengan cara menjualnya atau menitipkan ke pasar, toko obat, hotel, swalayan/supermarket. Atau bisa juga dengan dijual melalui toko online, karena sekarang kebanyakan pembeli melalui toko online agar lebih praktis.

Karyawan Bisnis

Untuk permulaan bisa meminta bantuan atau menggunakan satu orang dahulu dalam tahap permulaan bisnis. Jika bisnis sudah berjalan lancar dan sukses, maka bisa menambah karyawan untuk mempercepat kerjanya.

Harga Jual Minyak Lemon

Patokan harga untuk Minyak Atsiri Lemon dapat dibuat hitungan dalam satu botol, yang dimana dimulai dari harga Rp 55.000. Ini tergantung juga dengan bahan, kandungan yang ada didalam Minyak Lemon tersebut.

Keuntungan

Keuntungannya, jika Sobat memilih terjun dalam peluang bisnis Minyak Esensial Lemon yaitu merupakan bisnis yang paling menguntungkan karena pemasarannya juga cukup mudah. Dan bisa juga menjual berbagai jenis minyak atsiri lainnya.

Kekurangan

Segi kekurangannya dari bisnis ini yaitu memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Maka, dari kita sendiri juga harus memikirkan juga teknik pemasaran yang unik, kreatif agar pembeli tertarik untuk membeli produk Sobat.

Itulah seputar mengenai Minyak Atsiri Lemon. Untuk artikel lainnya silahkan bisa kunjungi Minyak Esensial Lemon, dan juga Jenis Minyak Atsiri lainnya.

Sekian dari penulis kece, mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan yang terdapat dalam artikel ini. Jika ada saran atau kritik yang membangun, silahkan bisa sampaikan melalui laman komentar yang ada dibawah.

Dan juga jangan lupa untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya kepada Sobat yang lain. Yuk saling berbagi ilmu!

Terima Kasih dan sampai jumpa esok!

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close