Uncategorized

Cara Mudah Membuat Kompos Di Ember

Cara membuat kompos di ember – bagaimana mengubah alat pengolah sampah menjadi kompos cair. Sampah rumah tangga organik telah lama diolah menjadi pupuk kompas.

Masyarakat pedesaan telah lama memiliki metode praktis dalam mengolah sampah organik dari rumah mereka. Bakteri pengurai bekerja paling baik bila kondisi lingkungan mendukung atau diinginkan oleh pengurai.

Jika kondisi lingkungan mendukung, maka proses pengomposan / dekomposisi dapat berlangsung dengan cepat. Dalam kondisi yang sesuai, bakteri pembusuk dapat melakukan proses penguraian secara terus menerus tanpa gangguan.

Alat Dan Bahan Untuk Membuat Kompos Di Ember

cara membuat kompos di ember
  1. Bor jika tidak punya bisa pakai obeng kembang dan lilin fungsi nya untuk membuat bolongan pada ember yang akan di buat komposter
  2. Gergaji besi fungsinya untuk memotong paralon
  3. Spidol fungsinya untuk memberi tanda bolongan yang di buat di paralon atau di ember
  4. Keran air dan plester (optional), fungsi nya untuk memanen kompos cair yang dihasilkan
  5. Meteran berfungsi untuk mengukur panjang paralon yang akan di pakai menyesuaikan dengan tinggi dan lebar ember yg di pakai
  6. Gunting buat menggunting fiber sebagai alas bahan kompos di dalam ember / tong
  7. Paralon sebagai penahan dasar kompos dan sebagai sirkulasi udara karena metode yang dipakai adalah aerob
  8. Fiber atau bahan lain, digunakan sebagai alas dan saringan bahan kompos usahakan cari yang tebal atau kaku

Manfaat Membuat Pupuk Kompos Sendiri

Lebih Hemat Dari Segi Ekonomi

Keuntungan terpenting bagi petani atau pemilik tanaman adalah dapat dilihat dari sudut pandang ekonomi. Darimana? Karena kompos dibuat dari bahan-bahan alami, hal ini tentunya dapat menghemat biaya perawatan tanaman. (cara membuat kompos di ember)

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli pupuk. Anda bisa mengarahkan biaya pupuk untuk membeli kebutuhan lainnya, seperti bibit unggul atau berbagai kebutuhan lainnya. Wah, bisa lebih untung?

Dari sudut pandang lingkungan

Kompos dijamin tidak mencemari lingkungan karena dibuat dari bahan organik (alami). Dalam hal ini, tanah dan air adalah dua unsur yang paling diuntungkan. Keduanya tetap “aman” karena kompos sama sekali tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Selain itu, sampah organik yang dibiarkan saja menimbulkan berbagai penyakit terhadap lingkungan, termasuk manusia. Tentunya bila sampah tersebut dijadikan kompos dapat mengurangi resiko penyakit pada makhluk hidup disekitarnya.

Manfaat bagi tumbuhan

Manfaat utama kompos terletak pada tanaman itu sendiri. Kompos dapat meningkatkan komposisi unsur hara, mineral, atau unsur hara lain di dalam tanah. Unsur-unsur tersebut dibutuhkan oleh tumbuhan.

Ketika tanaman telah memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisinya, jelas terlihat bahwa mereka dapat tumbuh dengan subur, sehat, dan menghasilkan tanaman yang berkualitas tinggi. Panen yang melimpah dan berkualitas tentunya menjadi momen yang paling dinantikan para petani, bukan?

Related Articles

Check Also

Close
Close