Islam

Modus Penipun Umroh Berkedok Harga Murah

Seringkali kita temukan adanya agen travel yang gagal memberangkatkan jamaahnya ke Tanah Suci. Hal ini tentu merupakan kesalahan fatal yang akan mempertaruhkan nama travel tersebut, di samping membuat mereka harus menebus kesalahannya dengan mahal. Gagalnya keberangkatan umroh ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari ongkos umroh murah yang diluar wajar hingga visa yang ditolak. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan keberangkatan umroh tertunda atau bahkan gagal. 

Baca juga: referensi umroh murah

Umroh Murah dan Berkedok Investasi, Ini Penyebab Jamaah Gagal Berangkat

1. Harga Terlampau Murah

Konsumen seringkali mudah tergiur iming-iming umroh murah. Tapi, jika harga yang ditawarkan kelewat murah bahkan di luar normal, maka sudah seharusnya kita waspada. Sebagai contoh, tidak mungkin perjalanan ibadah umroh ke Tanah Suci hanya membutuhkan dana sebesar Rp10.000.000 saja, sementara tiket pesawat pulang pergi Jakarta-Jeddah sendiri sudah memakan biaya antara Rp12 hingga Rp15 juta. Cari tahu dulu berapa kisaran biaya umroh agar kita punya gambaran pasti mengenai dana yang dibutuhkan.

2. Masalah Visa

Visa yang tak kunjung keluar sampai dengan hari keberangkatan umroh sudah umum jadi masalah terkendalanya keberangkatan ke Tanah Suci. Visa ini memang harus disiapkan sejak jauh-jauh hari sehingga di hari H kita sudah mengantonginya dan siap untuk berangkat. 

3. Sistem Multi Level Umroh

Sistem ini mirip Multi Level Marketing atau MLM dan sekilas memang tampak menguntungkan. Akan tetapi, sistem yang menjanjikan umroh murah ini sebenarnya sama sekali tidak direkomendasikan. Pasalnya, Multi Level Umroh akan cenderung merugikan calon jamaah yang berada di tingkatan paling bawah. Alasan lain yang menyebabkannya tidak direkomendasikan adalah berkaitan dengan nilai bisnis duniawi, bukan nilai ibadah.

4. Itinerary Pesawat

Pihak travel sudah seharusnya memberi tahu apa saja yang akan terjadi ketika memberangkatkan calon jamaah. Mereka juga harus bisa memastikan tanggal keberangkatan. Calon jamaah yang sudah dijanjikan untuk berangkat umorh sebaiknya segera meminta itineraru pesawat pada pihak travel. Jika pihak travel ternyata tidak bisa memberikan itinerary pesawat ini, maka tu artinya mereka belum siap memberangkatkan jamaah atau belum bisa memastikan kapan keberangkatan akan dimulai.

5. Berkedok Investasi

Dewasa ini sedang tren ibadah umroh yang disertai investasi. Kelihatannya memang sangat menguntungkan, namun umroh murah berkedok investasi ini justru seringkali jadi alasan jamaah gagal ke Tanah Suci. Jamaah biasanya akan ditarik uang muka antara Rp10 hingga Rp15 juta dan dijanjikan untuk berangkat di tahun berikutnya. Setelah waktu yang ditentukan, tiba-tiba jamaah tidak diberangkatkan namun uangnya dibawa kabur. Untuk itulah wajib bagi ktia dalam berhati-hati memilih agen travel yang terpercaya serta menghindari mereka yang mengiming-imingi investasi dengan membayar uang muka.

Close