Uncategorized

Mengenal Komponen Kelistrikan AC Split Outdoor Unit

Banyak orang yang bertanya-tanya, dan belum mengetahui apa saja sih bagian-bagian AC itu? kok bisa sampai bisa memberikan suasa yang menyejukkan dan membuat awalnya ruangan panas menjadi dingin. 

Kalau Anda mau tahu jawaban dari pertanyaan itu, maka Anda harus menyimak dan membaca artikel ini sampai tuntas. Sekarang ini kami akan membahas tentang komponen elektronika AC split outdoor unit.

Berikut ini bagian-bagian yang ada dalam AC split outdoor unit.

Kapasitor

Pada unit outdoor, kapasitor ini memliki fungsi sebagai penyimpan muatan listrik sementara. Kenapa hanya sementara saja? Karena kapasitor nantinya akan melepaskan muatan arus listrik yang dikandungnya secara tiba-tiba. Terjadinya peristiwa itu dalam waktu singkat sekali.

Sedangkan besar dari muatannya tergantung dengan kapsitas dari kapasitornya itu sendiri. Bagi yang belum mengetahui satuan kapasitor adalah Farad (F).

Selain itu, kapasitor juga berfungsi untuk menggerakkan kompresor jika dinyalakan pada saat pertama kalinya, atau bisa disebut dengan starting kapasitor. Kelebihan dari kapasitor pada kompresor untuk menggerakkannya dalam kecepatan penuh hanya memakan waktu sepersekian detik saja. Namun lama atau singkatnya kompresor berputar, tergantung dengan daya listrik yang tersimpan pada kapasitor. Anda bisa membaca lebih lengkap lagi terkait kapasitor bisa mengunjungi situs teknik elektronika

Motor Fan Condensor

Motor fan sendiri berfungsi untuk menggerakkan kipas kondensor (outdoor) dari bentuk dan ukuran motor fan outdoor. Dengan itu kita dapat membedakan besar kapsitas AC split. Untuk mengoperasikannya membutuhkan muatan listrik dari kapasitor untuk menjalankan pertama kalinya. Setelah itu nanti akan digantikan dengan arus listrik dari PLN untuk memutar motor fan.

Motor Compressor

Motor compressor ini berfungsi untuk menggerakkan mesin compresor, disaat motor listrik menjalankan fungsinya, maka kompresor akan mengkompres bahan pendingin dan mensirkulasikan menuju ke seluruh bagian sistem pendingin. Untuk menjalankan pertama kalinya starting kapasitor masih berperan penting.

Overload Protector

Overload Motor Protector (OMP) ini berfungsi sebagai pengaman dari motor listrik kompresor. Prinsip kerja OMP ini dikendalikan dengan sebuah sensor panas yang terbuat dari bahan logam dan non logam. Overload motor protector nantinya akan membuka dan menutup hubungan arus listrik secara otomatis. Namun itu semua tergantung dengan kondisi dari kompresornya. Jika suhunya terlalu panas maka OMP akan membuka dan arus listrik menuju kompresor akan terputus. Sedangkan sebaliknya jika suhu kompresor turun, OMP akan menutuo dan arus listrik akan mengalir menuju kompresor.

Kontaktor

Kontraktor berfungsi untuk menghubungkan motor compressor dengan sumber listrik. Cara kerjanya ini bisa dikendalikan dari modul control elektronik yang berada pada unit indoor.

Related Articles

Close