KulinerMasakan

Cara Membuat Manisan Wortel Kering Mudah,Enak, dan Sehat!

Apakah anda pernah membuat manisan wortel kering? Atau sedang mencari resep cara membuat manisan wortel kering yang enak dan sederhana? Nah pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas mengenai cara membuat manisan wortel kering. Tentunya sangat mudan dan sederhana untuk kalian tiru dirumah.

Cara membuatnya memang tidak susah, namun jika salah pengolahannya maka hasilnya akan kurang memuaskan dan rasanya kurang mantap. Padahal manisan wortel ini mampu mengundang selera kita sebagai camilan kita sehari-hari lho.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat manisan wortel kering agar kualitas rasanya tetap enak. Mulai dari jenis bahan yang kita gunakan, pemilihan buah yang segar dan tidak busuk, hingga cara kita untuk menghidangkannya. Maka dari itu disini mimin akan kasih tips cara membuat manisan kering wortel dijamin mantul dan anti gagal.

Inilah cara sederhana dan praktis yang dapat kalian contoh dirumah ya. Kalian dapat mengkreasikan sebagai ide bisnis yang sangat menjanjikan lho. Selain dapat dikonsumsi untuk keluarga, kita dapat mengemasnya cantik untuk dijual kembali, dijamin pasti laris manis. Berikut ini langkah-langkah membuat manisan wortel kering :

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Enak dan Praktis

Manfaat Mengonsumsi Wortel

Cara Membuat Manisan Wortel Kering yummy

1. Meningkatkan metabolisme

Manfaat kesehatan yang pertama dari wortel adalah dapat membantu meningkatkan metabolisme. Dengan mengkonsumsi jus wortel dapat meningkatkan tingkat energi dan metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan manfaat vitamin B yang juga terkandung dalam wortel yaitu memecah glukosa, lemak dan protein serta memastikan energi ini digunakan secara efisien oleh tubuh kita.

2. Menyembuhkan luka

Kandungan dari wortel yaitu kaya akan beta karoten tinggi, yang diubah menjadi retinol, salah satu kandungan paling murni dari vitamin A. Manfaat wortel untuk kesehatan lebih lanjut adalah membantu menyembuhkan luka. Pasalnya, vitamin A bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Gunakan parutan wortel untuk masker dan rasakan manfaat wortel.

3. Menjaga kesehatan jantung

Wortel banyak mengandung vitamin A, arang hidrat, kalsium, fosfor dan beta karoten. Dengan adanya kandungan itu, manfaat wortel untuk kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan jantung kita. Hal ini disebabkan zat yang terkandung dalam wortel dapat memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

4. Melawan efek buruk radikal bebas

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Sayuran jeruk ini mengandung zat yang berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusak tubuh dari dalam.

5. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian di Universitas Harvard mengungkapkan bahwa seseorang yang makan setidaknya enam wortel seminggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang hanya makan satu butir dalam sebulan. Wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori, dan rendah lemak. Dengan serat inilah manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena khasiatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

6. Menurunkan risiko kanker payudara

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyatakan bahwa mengonsumsi makanan tinggi beta-karoten setiap hari dapat menurunkan risiko kanker payudara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya antioksidan ini – dua kali sehari dapat menurunkan risiko kanker hingga 17 persen.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya wortel untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi wortel dan ketumbar ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Menurut sejumlah peneliti, sup wortel dan ketumbar bisa bertahan di dalam tubuh, sehingga bisa menghindarkan Anda dari infeksi yang disebabkan virus.

8. Menjaga kesehatan otak

Manfaat wortel untuk kesehatan lebih lanjut adalah membantu menjaga kesehatan otak. Asupan tinggi umbi-umbian, termasuk wortel, dapat meningkatkan daya ingat dan daya kognitif.

9. Anti inflamasi

Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, wortel memiliki manfaat kesehatan lainnya sebagai anti inflamasi. Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Padahal, efeknya hampir setara jika dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

10. Menjaga kesehatan mulut

Selain untuk mata, manfaat wortel juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. Mengkonsumsi wortel setelah makan dapat mengurangi risiko gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air untuk membersihkan gigi.

Cara Membuat Manisan Wortel Kering

Cara Membuat Manisan Wortel Kering enak sederhana

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 4 buah wortel
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 4 biji cengkeh
  • Sediakan 10 cm kayu manis
  • Siapkan 1 sendok makan bubuk cabe
  • 500 ml air matang
  • Asam sitrat secukupnya

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Enak dan Praktis

Langkah-langkah membuat Manisan Wortel Kering:

  1. Kupas kulit wortel sampai bersih.
  2. Potong-potong wortel sesuai selera atau sesuai gambar dan cuci dengan air mengalir hingga bersih.
  3. Panaskan air, gula pasir, bubuk cabe, cengkeh, kayu manis dan semua bahan.
  4. Lakukan koreksi rasa jika sepertinya kurang manis bisa tambahkan gula sesuai selera.
  5. Selanjutnya masukkan wortel kedalamnya.
  6. Matikan api dan rendam wortel selama 1 jam.
  7. Kemudian keringkan dengan dijemur dibawah sinar matahari atau menggunakan mesin pengering/oven.
  8. Setelah kering manisan pun bisa dinikmati sebagai cemilan, atau bisa anda jual dalam kemasan yang cantik.

Demikian cara membuat manisan wortel kering, semoga dapat bermanfaat, dan jangan lupa anda coba dirumah yaaa.. semoga berhasil^^

Untuk informasi dan tips terupdate lainnya dapat anda kunjungi di web ini ya talkingsquid.net .. Tengs

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close