Kesehatan

Benarkah Kurang Minum Air Putih Menyebabkan Sakit Pinggang? Yuk Simak!

Apakah kalian mengetahui bahwa kurang minum air putih menyebabkan sakit pinggang? Nah kali ini kami akan membahas pernyataan tersebut. Penasaran bukan? Yuk simak berikut ini !

Air merupakan komponen penting dalam tubuh manusia. Cairan dalam Air dibutuhkan untuk banyak hal, seperti membantu menjaga berat badan yang sehat, membuang racun dari tubuh, dan memproduksi cairan tubuh seperti air liur. Dan juga Air berkontribusi pada fungsi usus yang teratur, kinerja otot yang optimal, dan kulit yang tampak awet muda.

Namun, jika Anda tidak minum cukup air, beberapa gejala akan muncul, seperti sakit punggung. Pertanyaannya, apa hubungan antara kurang minum dengan sakit pinggang? Ini ulasannya.

Apakah Benar Kurang Minum Air Putih Menyebabkan Sakit Pinggang?

Apakah Benar Kurang Minum Air Putih Menyebabkan Sakit Pinggang?

Tulang belakang manusia terdiri dari ruas-ruas tulang belakang yang di antara kedua ruas tulang belakang terdapat bantalan sendi yang berfungsi untuk mempertahankan posisi tulang belakang.

Bagian ini akan mencegah benturan antar tulang, serta menyerap goncangan yang dapat membahayakan tulang belakang.

Bagian dalam bantalan tulang belakang ini mengandung bahan seperti gel dengan kadar air yang cukup tinggi. Pembalut ini juga bisa menipis karena kehilangan kandungan air, namun hal ini tidak menjadi masalah karena tubuh memiliki cadangan air untuk mengatasinya.

Namun, kondisinya berbeda jika Anda tidak cukup minum hingga menyebabkan dehidrasi. Jika Anda tidak cukup minum, maka sakit punggung akan terjadi karena tubuh tidak memiliki cukup air untuk mengembalikan kelenturan sumsum tulang belakang.

Akibatnya, bantalan tulang belakang ini bisa menipis dan tidak efektif lagi meredam guncangan. Lambat laun, ruas tulang belakang yang berada di atas bantalan akan menjepit saraf di bawahnya. Tekanan pada saraf ini kemudian akan dirasakan sebagai nyeri punggung.

Selain itu, kurangi minum air putih juga meningkatkan risiko alami batu ginjal. Batu ginjal adalah endapan mineral, garam, dan zat limbah lainnya yang mengkristal di ginjal menjadi batu karena kebiasaan kurang minum.

Nah, salah satu gejala batu ginjal adalah sakit pinggang. Semakin banyak jumlahnya dan semakin besar ukuran batu ginjal, semakin tak tertahankan rasa sakitnya.

Selain itu, batu ginjal dapat menimbulkan gejala lain seperti nyeri yang datang dan pergi karena pergerakan batu, nyeri saat buang air kecil, dan nyeri punggung yang terasa lebih hebat.

Gejala Lain Saat Tubuh Anda Kurang Minum Air

Selain sakit punggung, ada beberapa gejala lain yang bisa terjadi jika Anda kurang minum air putih. Gejala-gejala ini termasuk:

1. Bau mulut

Air juga sangat penting untuk produksi air liur dan membantu membersihkan bakteri sehingga Anda dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Kekurangan air menghambat produksi air liur dan menyebabkan bakteri menumpuk di lidah, gigi dan gusi, sehingga berkontribusi pada bau mulut. Jika Anda mempraktikkan kebersihan mulut yang baik, tetapi terus menderita bau mulut kronis, Anda mungkin tidak minum cukup air.

2. Kelelahan

Tidak minum cukup air juga dapat menyebabkan kehilangan cairan. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan volume darah yang memberikan tekanan berlebih pada jantung untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke organ tubuh, termasuk otot.

Kekurangan air dapat menyebabkan Anda mengalami kelelahan dan energi rendah karena tubuh Anda mencoba berfungsi tanpa cukup air.

3. Sembelit

Air membantu pencernaan dan melancarkan buang air besar secara teratur dengan menjaga tinja tetap lembut dan mudah bergerak melalui saluran pencernaan.

Tidak minum cukup air menyebabkan tubuh mengeluarkan air dari tinja untuk mengkompensasi kehilangan cairan, menghasilkan tinja yang lebih keras dan lebih kencang yang lebih sulit untuk dikeluarkan.

Jika buang air besar Anda tidak teratur dan jarang, cobalah minum lebih banyak air untuk melonggarkan tinja, meredakan sembelit, dan kembung.

4. Kesehatan Kulit yang Buruk

Air melembabkan dan meregenerasi sel-sel kulit agar kulit tampak lebih cerah, dan tampak lebih muda. Namun, kekurangan air dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan elastisitasnya.

Hal ini dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, garis-garis halus, kerutan, dan kendur. Air juga membantu mengurangi jerawat dan masalah kulit lainnya dengan membuang racun berbahaya dari tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengapa kurang minum air putih menyebabkan sakit pinggang. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua yaa. See you and keep healthy ^^

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close