pertanian

Tips Membuat Kompos di Rumah untuk Pemula

Tips Membuat Kompos di Rumah – Mengompos sampah dapur dan kebun Anda adalah cara yang bagus untuk mengurangi jumlah sampah yang Anda buang ke tempat sampah. Dengan mengomposkan sampah Anda, Anda dapat menghasilkan sumber kompos kaya gratis untuk membantu memperbaiki kebun Anda, dan juga membantu mengurangi pemanasan global dalam prosesnya.

Bagaimana pengomposan rumah membantu mengurangi pemanasan global?

Ketika dikirim ke TPA, sampah organik dikompresi di bawah berton-ton dan berton-ton jenis sampah lainnya. Oleh karena itu, sampah organik tidak memiliki akses yang cukup ke udara, yang membatasi sampah untuk dapat terurai dengan baik. Alih-alih membusuk, gas metana diproduksi yang berkontribusi terhadap pemanasan global.

Tempat Kompos

Langkah pertama untuk memulai pengomposan di rumah adalah dengan menyediakan tempat sampah kompos. Anda dapat membeli tempat sampah kompos atau membuatnya sendiri. Tempat sampah kompos dapat dibeli dari sebagian besar pusat taman. Kampanye Pengomposan Rumah Daur Ulang Sekarang yang didanai pemerintah juga menjual tempat sampah kompos yang didiskon.

Langkah penting berikutnya adalah menentukan posisi tempat sampah kompos, yang dapat mempengaruhi kualitas kompos yang dihasilkan secara keseluruhan. Untuk hasil terbaik, tempatkan tempat sampah di area dengan drainase baik yang memiliki akses baik ke sinar matahari. Drainase akan memungkinkan kelebihan air mengalir keluar dari kompos dan menempatkan tempat sampah di tempat yang cerah membantu mempercepat proses pengomposan.

Sampah apa yang bisa saya masukkan ke dalam tempat sampah kompos?

Ada banyak sampah sehari-hari dari kebun dan dapur Anda yang bisa masuk ke tempat sampah kompos Anda. Ini dipecah menjadi ?Hijau? dan ?Coklat?. Hijau adalah jenis barang yang memberikan kelembaban dan nitrogen dan cepat membusuk. Item yang digolongkan sebagai Hijau meliputi:

  • Potongan rumput
  • Kulit sayuran
  • Daun-daun
  • Buah
  • Kantong teh
  • Rumput liar

Coklat adalah barang limbah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk membusuk tetapi menyediakan kantong udara, bersama dengan serat dan karbon. Ini termasuk item seperti:

  • Kotak kardus
  • Koran (diremas-remas)
  • Tabung gulungan toilet
  • Kulit telur (dihancurkan)
  • Kertas robek
  • Guntingan ranting dan pagar tanaman

Bagaimana cara membuat kompos yang berkualitas baik?

Untuk membuat kompos berkualitas baik, penting untuk menggunakan campuran yang baik antara limbah ‘hijau’ dan ‘coklat’. Ini hanyalah kasus memantau kompos dan menambahkan lebih banyak sampah tergantung pada tampilan kompos. Misalnya, jika terlihat terlalu kering tambahkan lebih banyak limbah hijau, dan jika terlihat terlalu basah tambahkan lagi limbah coklat. Sesekali juga merupakan ide yang baik untuk mencampur atau mengubah isi tempat sampah kompos Anda untuk menambah udara.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar kompos saya siap digunakan?

Ini akan bervariasi tergantung pada campuran sampah yang dimasukkan ke dalam tong kompos, kondisi sekitar dan cuaca. Secara umum, dibutuhkan waktu antara 6 dan 9 bulan agar kompos yang sudah jadi siap digunakan. Jika Anda ingin tahu tentang cara berkebun organik, silahkan kunjungi web TamanInspirasi.com atau channel Taman Inspirasi SAFA di YouTube. Terima kasih.

Tags
Close