IslamKontraktorKubah MasjidLingkunganMasjid

MASJID RAYA SUMBAR

Masjid Raya adalah masjid terbesar yang ada di  Sumatra Barat, yang berada di Jalan Chatib SulaimanKecamatan Padang UtaraKota Padang. Masjid Raya ini adalah masjid termegah dan terbesar di Sumatera Barat.

Pada tanggal 21 Desember 2007 diawali peletakan batu pertama. Kemudian pembangunan masjid ini tuntas pada tanggal 4 Januari 2019. dengan total dana sekitar Rp325–330 miliar, dan sebagian dari APBD dari Sumatera Barat. Dan pengerjaan untuk membangun Masjid ini agak terlambat karena keterbatasan dana.

Masjid Raya ini dijadikan Masjid destinasi Religi di Kota Padang dan masjid ini memiliki ciri khas Minangkabau.

Menurut rencana awalnya, masjid ini dibangun dengan biaya sekitar 600 miliar, karena rancangan didesain dengan kontruksi tahan gempa.

Kemudian Kerajaan Arab Saudi pernah mengirimi bantuan 500 miliar untuk pembangunan masjid Raya ini. Pada tahun 2015 wakil presiden Jusuf Kalla meminta anggaran pembangunan dipangkas.

 

ARSITEKTUR MASJID RAYA PADANG 

Masjid Raya Padang adalah masjid tanpa memiliki kubah, masjid ini berbeda dari yang lain masjid ini melainkan hanya memiliki atap yang khas Minangkabau. Yang bentuknya gonjong pada ke-empat sisinya, yang mana melambangkan bentuk rumah adat Minangkabau, yaitu Rumah Gadang.

Selain itu fungsi dari masjid ini tanpa memiliki kubah yaitu untuk tahan gempa bumi hingga 10 magnitudo.

Masjid ini memiliki luas sekitar 4.430 meter persegi. Dan lantai atas mampu menampung 5000 – 6000 para jama’ah. Masjid ini memiliki 3 lantai

Yang pertama, digunakan sebagai tempat wudhu dan ruang tambahan jika pada lantai utama sudah penuh.

Yang kedua, adalah ruang utama sholat berjama’ah

Dan sedangkan lantai terakhir yaitu lantai ke-tiga, digunakan sebagai tempat alternatif para jama’ah sholat atau juga bisa digunakan sebagai tempat istirahat para pengunjung.

Sementara itu, mihrab nya dibuat menyerupai Hajar Aswad dengan atap yang di ukir tulisan Asmaul Husna yang bewarna keemasan dan latar belakang warna putih. Atap bangunan Masjid Raya ini menggunakan Pipa Baja. Masjid Raya ini ditopang sekitar 631 tiang pancang dengan pondasi poer yang berdiameter 1,7 meter pada kedalaman 7,7 meter.

Dan untuk biaya pada pembangunan Masjid Raya ini sangatlah besar mulai dari perawatan, operasional, serta petugas dalam setahun menghabiskan biaya sekitar 4,2 miliar/tahun.

 

PENYELESAIAN 

Penyelesaian pada tahun 2016, pemerintahan Sumatera Barat mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum RI sebesar 10.1 miliar untuk pembangunan pekarangan, dan kelanjutan pembangunan dibiayai oleh penerimaan dana bantuan keuangan khusus dari 2 provinsi yaitu Jawa Barat & papua dengan sebesar 12.5 miliar. Bantuan tersebut digunakan untuk membangun penyelesaian lantai dasar masjid yaitu Ruang pertemuan, Ruang penjagaan, dll.

Penyelesaian mihrab dan area parkir menurut rencananya akan didanai oleh APBD Sumatera Barat pada tahun 2017. Setelah mendapat tambahan anggaran sebesar 19.5 miliar kemudian digunakan pembangunan 1 buah menara.

Kemudian pada tahun 2018, pemerintah memberikan perpanjangan waktu kepada kontraktor untuk segera menyelesaikan pembangunan menara karena molor dari targetyang sudah ditetapkan, pembangunan menara pada tanggal 31 Desember 2017 dan memakan biaya sekitar 14.7 miliar, sementara sisa biaya tinggal 5.1 miliar.

Biaya penyelesaian bangunan masjid Raya Padang yang dianggarkan pada APBD yaitu sebesar 11.4 miliar.

Selama pengerjaan interior maupun bangunan masjid terhitung dari 16 juli 2018 (kegiatan ibadah dipindahkan sementara pada lantai dasar). Kemudian pada awal tahun 2019 lantai masjid sudah dibuka kembali untuk umum.

 

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://sinarsuryaabadi.co.id/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Tags

Related Articles

Close