Uncategorized

Cara Membuat Hunkwe

Cara Membuat Hunkwe

Salah satu jenis kue basah yang paling di gemari banyak orang adalah kue hunkwe. Cara membuat kue hunkwe sebenarnya cukup mudah dan bahan-bahannya lebih praktis daripada jenis kue basah lainnya.

Mau tahu cara membuat kue yang manis dan kenyal ini? Yuk ikuti langkah-langkah cara membuat hunkwe berikut ini.

Tetapi sebelum ke resepnya, kita cari tahu dulu yuk, apasi kue hunkwe itu?

Kue Hunkwe

Terkadang beberapa orang masih asing dengan istilah kue hunkwe, tetapi familiar dengan bentuk dan sering mencobanya. Ya, kebanyakan orang memang belum mengetahui kalau kue basah ini di sebut kue hunkwe.

Kue basah ini juga menggunakan bahan utama berupa tepung hunkwe. Biasanya tepung hunkwe di gunakan sebagai bahan utama untuk membuat hidangan yang bertekstur kenyal dan lentur, seperti cendol, kue basah, dan lain sebagainya.

Terkadang tepung hunkwe juga sedikit di butuhkan dalam campuran adonan kue untuk menghasilkan kue yang lebih renyah.

Resep kue hunkwe sebenarnya memiliki banyak varian, baik dari segi rasa maupun warna. Ada kue hunkwe pandan, kue hunkwe pisang, hunkwe coklat dan masih banyak lagi.

Selanjutnya kita akan cari tahu juga apasi tepung hunkwe? simak!

Apa Itu Tepung Hunkwe?

Tepung Hunkwe ( Vigna Radiata ) adalah salah satu jenis tepung yang digunakan untuk bahan baku membuat berbagai masakan dan kue yang terkenal di Asia, seperti Jepang, Cina, Thailand juga di Indonesia. Tepung Hunkwe dikenal juga dengan nama Hunkwe Powder, Mung Bean Flour, dan Mung Bean Starch. Dalam bahasa Jerman dikenal dengan nama Mungbohnenstärke .

Bagaimana Proses Pembuatannya?

Kacang hijau dioleh dengan proses ekstrasi basah, yaitu dengan cara penumbukan biji kacang hijau hingga terbelah, kemudian dibarkan terendam dalam air bersih selama 3 jam. 

Kemudian kulit kacang hijau diangkat, kemudian dilakukan penggilingan dan penambahan air. Kacang hijau yang sudah lembut digiling, kemudian disaring.

Dengan proses tepung kacang hijau lainnya, pada pembuatan jenis tepung hunkwe ini filtratnya akan dibiarkan sehingga dapat terjadi perbedaan pati. Pati kemudian dibersihkan, kemudian dikeringkan untuk dijadikan tepung Hunkwe.

Baca Juga:Mesin Parut Kelapa Mini

Bagaimana Bentuk Tepung Hunkwe?

Tepung Hunkwe berbentuk bubuk dan berwarna putih, teksturnya lembut. Di pasaran biasanya terjual dalam kemasan gulungan kertas berbentuk siliner dengan ukuran panjang sekitar 18 cm. 

Jika sudah diolah atau dimasak, karakter tepung hunkwe ini teksturnya akan kenyal dan harum. Pengganti tepung hunkwe biasanya digunakan tepung kanji atau tepung kacang hijau, namun demikian hasil olahannya akan tetap berbeda jika menggunakan tepung hunkwe asli, karena tepung hunkwe punya ciri khasnya sendiri.

Nah itu dia sedikit tentang kue hunkwe yang jarang sekali orang mengetahuinya. Selanjutnya kita langsung saja ke resepnya yuk!

Resep Cara Membuat Hunkwe

Bahan-Bahan:

  • 1 bungkus tepung hunkwe
  • 1250 ml santan kelapa
  • 200 gram gula pasir
  • 2 sendok teh coklat bubuk
  • 1/2 sendok teh garam

Alat-Alat:

  • Wadah
  • Panci
  • Plastik kue secukupnya
  • Sendok

Cara Membuat Hunkwe:

  1. Siapkan wadah. Masukkan tepung hunkwe, santan, gula pasir, dan garam. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
  2. Rebus bahan yang telah di campurkan menjadi adonan dan aduk sampai mendidih.
  3. Siapkan bubuk coklat. Campurkan 1/4 adonan putih pada coklat bubuk sambil di aduk rata.
  4. Tuangkan adonan warna coklat pada adonan yang berwarna putih.
  5. Kemudian masukkan adonan pada plastik kue dan bungkus sampai rapi
  6. Hunkwe coklat siap di sajikan dan di santap

Nah itu dia cara membuat hunkwe yang mudah dan juga beberapa penjelasan tentang hunkwe

Baca Juga:Mesin parut kelapa mini

Related Articles

Check Also

Close
Close