Pendidikan

Mengenal Beberapa Macam Alat Peraga Yang Digunakan Dalam Dunia Pendidikan

Alat Peraga merupakan alat bantu yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran siswa. Membuat minat siswa menjadi bertambah, memancing semangat belajar dan untuk merangsang imaginasi yang lebih dalam terhadap materi yang diajarkan. Macam alat peraga sangat banyak dan bergantung juga dari ilmu yang diajarkan. Berikut ini beberapa contoh alat peraga yang banyak digunakan di berbagai dunia pendidikan. 

  1. Alat Peraga Matematika

Alat peraga ini digunakan dalam mempermudah pemahaman dan juga praktek tentang teori matematika. Ada banyak alat peraga yang digunakan dalam pelajaran ini. Contohnya : Sempoa. Merupakan alat hitung yang berasal dari china. Alat ini sangat sederhana, namun dapat digunakan untuk menghitung dengan berbagai kebutuhan. 

2. Papan Balok Kayu

Papan balok digunakan dalam pembelajaran mulai dari tingkat yang paling rendah yaitu PAUD, TK hingga SD. Balok ini memiliki bentuk bermacam – macam seperti kubus, trapesium, tabung, bola dan lain sebagainya. Umumnya alat peraga ini terbuat dari bahan kayu meskipun demikian, sekarang banyak balok yang dibuat dari plastik

3. Alat Peraga Biologi

Ada banyak macam alat peraga untuk pelajaran Biologi di sekolah. Seperti gambar – gambar atau poster, patung (manekin) kerangka manusia, sistem anatomi tubuh manusia. Dan lain sebagainya. Fungsi dari alat peraga biologi ini adalah untuk mengimajinasikan materi yang diajarkan dengan bentuk yang sesungguhnya dalam kondisi aslinya. 

4. Alat Peraga Kesehatan

Disebut juga dengan istilah manekin kesehatan. Hampir mirip dengan alat peraga dalam dunia biologi. Hanya saja manekin yang digunakan memiliki pola dan tujuan yang tidak hanya sekedar untuk diamati. Namun digunakan juga untuk melakukan tindakan. Oleh sebab itu, banyak dari macam alat peraga kesehatan ini terbuat dari bahan silikon. 

5. Alat Peraga Sains Fisika

Alat peraga lainnya yaitu alat peraga yang digunakan dalam ilmu fisika. Ada banyak alat peraga yang digunakan dalam pendidikan fisika. Seperti alat peraga sistem tata surya, alat peraga adanya gaya gerak listrik, alat peraga gerak dalam fisika dan lain sebagainya. 

Sebenarnya tidak hanya alat peraga itu saja yang ada di dalam dunia pendidikan. Ada alat peraga lainnya juga yang digunakan dalam pembelajaran seperti alat peraga dalam pembelajaran pengenalan huruf pada anak – anak paud, alat peraga warna, alat peraga nama – nama hewan dan lain sebagainya, Itulah tadi sedikit penjelasan tentang macam – macam alat peraga. Sekian, semoga bermanfaat 

Related Articles

Close