Lifestyle

Fakta Menarik Mengenai Arti Cincin di Jari Tangan

Cincin Sebagai Perhiasan dan Simbol

Cincin adalah salah satu aksesoris yang banyak orang pakai. Saking melekatnya, bahkan aksesoris ini selalu ada dalam acara pernikahan sebagai bukti ikatan. Cincin umumnya terbuat dari logam, seperti emas, perak, titanium, atau bahan lain dan disesuaikan bersama dengan ukuran jari pemiliknya. Bukan hanya hiasan jari, cincin dari logam mulia bisa kamu jadikan investasi dan maskawin.

Selain itu, posisi cincin ternyata memiliki makna tertentu. Kamu mesti paham tiap-tiap arti cincin supaya tidak salah paham. Dengan begitu, kamu bisa PDKT bersama dengan orang yang tepat.

Arti di Setiap Jari

Arti cincin di jari menunjukkan makna tertentu. Selain status, kebiasaan mengenakan di jari spesifik secara berulang jugamenunjukkan kepribadian pemakainya. Selain itu, hal ini mampu meberikan tanda bahwa orang tersebut sudah menikah. Sementara di jari lainnya, menunjukkan bahwa mereka ambisius. Agar tak penasaran, simak arti-artinya berikut ini:

1. Arti Memakai Cincin di Jari Kelingking

Pemakaian cincin di jari kelingking termasuk jarang. Tetapi, tren ini sempat tenar di kalangan laki-laki abad 19 hingga 20-an. Saat itu, makna cincin di jari kelingking sebagai status pernikahan. Lama-kelamaan, penggunaan di jari kelingking pun jadi berganti. Terutama sejak keluar anggapan bahwa pemakai cincin di jari kelingking adalah mafia.

Jika dari karakternya, makna cincin di jari kelingking menunjukkan orang yang memiliki sikap positif, seperti terbuka dan gampang menarik simpati. Hal tersebut senada dengan keyakinan masyarakat Yunani kuno bahwa mengenakan cincin di jari kelingking menunjukkan orang yang persuasif, intuitif, serta cerdas.

 

2. Arti Memakai Cincin di Jari Manis

Cincin di jari manis sebagai cincin perjanjian atau promise ring. Pemakaian di jari manis juga merujuk pada status pernikahan atau tunangan. Makna ini lekat pada masyarakat Asia Timur, Amerika Serikat, dan Inggris. Dalam perkembangannya, makna ini juga meluas ke bermacam negara, termasuk Indonesia.

Tapi, ada perbedaan pada beberapa negara tersebut. Dalam budaya Inggris, cincin di jari manis kiri menandakan pernikahan dan tunangan. Sedangkan masyarakat Daerah Timur, termasuk Asia, status pernikahan bisa kamu lihat dari penggunaan cincin di jari manis kanan yang juga mengacu pada perasaan romantis. Dalam keyakinan masyarakat Yunani, penggunaan di jari ini juga mewakili perasaan serupa dan kreativitas.

 

3. Arti Memakai Cincin di Jari Tengah

Pemakaian cincin di jari tengah mulai banyak yang pakai. Arti cincin di jari ini menunjukkan seseorang yang bertanggung jawab dan kerap melaksanakan refleksi diri. Selain itu juga menunjukkan keyakinan diri, sifat ambisius, serta kepribadian alfa seseorang. Dalam mitologi Yunani, artinya mengacu pada keseimbangan dan tanggung jawab.

Sehingga, orang-orang ini sesuai menduduki posisi strategis, sebagai pejabat publik, pemimpin, dan publik figur. Di masa sekarang, penggunaan cincin di jari sedang juga mewakili sifat ingin menonjol. Secara tidak langsung, seseorang ingin menunjukkan bahwa mereka sudah sukses.

Orang yang mengenakan cincin di jari tangan pada ke-2 tangan, mengindikasikan bahwa orang tersebut bertanggung jawab. Itulah alasan mengapa banyak kepala keluarga mengenakan cincin di jari tengah mereka.

 

4. Arti Memakai Cincin di Jari Telunjuk

Jari telunjuk juga menunjukkan makna tertentu yang mengacu pada keyakinan diri. Cincin di jari telunjuk umumnya mengambil desain berani dan menonjol. Bisa dibilang, makna cincin di jari telunjuk lekat dengan statement fashion yang juga mengacu pada makna kesetiakawanan.

Biasanya, orang yang gemar mengenakan cincin di jari telunjuk bakal mencermati orang-orang di sekitarnya. Mereka tidak bakal meninggalkan siapa pun yang udah dikenal. Cincin di jari telunjuk juga pernah terasosiasikan sebagai anggota keluarga kerajaan atau bangsawan. Namun, sekarang, anggapan tersebut tidak berlaku sebab banyaknya orang yang melakukannya.

Dalam mitologi, artinya menunjukkan keseimbangan dan tanggung jawab. Jika kamu mulai memiliki kepribadian seperti ini, mungkin sesekali bisa dicoba.

 

5. Arti Memakai Cincin di Ibu Jari

Memakai cincin di ibu jari termasuk kebiasaan yang unik. Sebab, tidak banyak yang melakukannya. Pemakai cincin ibu jari umumnya adalah orang kaya. Sebab, harganya lebih mahal karena bahan pembentuk yang lebih banyak. Jika dari kepribadian, menunjukkan bahwa seseorang fleksibel, tetapi ingin dihargai. Mereka yang mengenakan cincin di ibu jari agar mendapat perhatian lebih.

Masyarakat Yunani kuno juga membatasi sebagai sosok yang memiliki kemauan kuat, tekun, serta idamkan menonjol. Menariknya, mengenakan cincin ibu jari kanan dan kiri memiliki perbedaan. Mereka yang mengenakan di tangan kiri umumnya memiliki konflik batin serta memendam perasaan kalut tanpa cerita. Sedangkan penggunaan di tangan kanan menunjukkan bahwa seseorang percaya diri dan tegas.

Related Articles

Check Also

Close
Close